Sejak tahun 1975 FIA mengsyaratkan bahwa pakaian pembalap harus tahan
api sehingga menawarkan perlindungan yang kuat pada saat terjadi
kebakaran di mobil. Hal menjadi tantangan berat bagi setiap produsen
baju balap yang harus mampu membangun sebuah baju balap dalam lima lapis
dengan spek sama persis seperti pakaian astronot NASA. Saat ini
kuncinya adalah Nomex®, yaitu sebuah bahan yang tahan api dan merupakan
serat ringan yang mengalami pengujian termal di laboratorium. Pakaian
balap berbahan ini mampu menahan kobaran api dengan suhu 400 sampai 800
derajat Celcius dalam waktu 11 detik setelah api menyala.
Pakaian balap mobil modern (yang juga dipakai oleh kru pit) memiliki
fitur manset elastis pada pergelangan tangan dan pergelangan kaki dan
terbuat dari dua sampai empat lapis Nomex®. Sebuah lapisan Nomex® harus
mengalami 15 kali pembasuhan serta 15 kali proses dry cleaning sebelum
akhirnya diuji. Hal ini kemudian mengalami uji dalam suhu 600 hingga 800
derajat Celcius. Tingkat kritis tes sebesar 41 derajat Celcius harus
bisa diminimalisir semaksimal mungkin dalam waktu 11 detik.
Rislesting pada setelan juga harus mampu menahan suhu yang sama dan
tidak harus meleleh atau mentransfer panas menjadi lebih dekat dengan
kulit pembalap. Bahkan tambalan di jas dan benang yang digunakan untuk
menjahit bersama-sama harus tahan api. Di atas semua itu, pakaian harus
ringan dan punya pori untuk udara untuk memungkinkan beberapa kilo
keringat yang dihasilkan oleh pengemudi selama perlombaan untuk bisa
dialirkan.
Pakaian balap juga harus memiliki dua strip besar pada bahu
pengemudi. Tali ini harus mampu mendukung berat gabungan dari pengemudi
dan kursi mobil yang dalam hal kecelakaan dapat dibongkar dan dibuka
dengan mudah oleh marshal sebagai salah satu cara untuk meminimalkan
risiko cedera serius.
Sarung tangan pengemudi juga terbuat dari Nomex® yang tipis, dengan
telapak tangan dari bahan kulit suede untuk memberikan sensitivitas
ketika kemudi. Sepatu pembalap juga harus dibuat tahan api dengan bahan
dari kulit lembut yang empuk dengan tambahan sol karet yang membuatnya
jauh lebih tipis daripada sepatu biasa untuk memberikan kontak yang
akurat dengan pedal mobil. Di bawah pakaian balap utama ini, para
pembalap juga memakai pakaian dalam yang juga terbuat dari bahan anti
api, juga sebelum mengenakan helm, para pembalap harus memakai balaclava
tahan api.
Pertanyaan yang sering dilontarkan fans, apakah pakaian balap yang
dipakai pembalap di arena F1 sama dengan pakaian balap yang dipakai
pembalap NASCAR, IndyCar atau balap mobil kelas dunia lainnya?
Jawabannya adalah sama, karena pakaian balap ini harus lulus uji tes
wajib FIA seperti yang dipaparkan diatas.
Tahukah Anda… bahwa pembalap yang memakai
pakaian berbahan Nomex® anti api dapat bertahan selama 11 detik pada
suhu 840 derajat Celcius? Sebagai perbandingan, suhu maksimum di sauna
adalah 100 derajat. Suhu jika terjadi kebakaran rumah mencapai 800
derajat, sedangkan lava dalam letusan gunung berapi punya variasi suhu
antara 750 sampai 1000 derajat.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar