Entri Populer

kandungan gizi samosa, buah zaitun dan manfaatnya

Written By iqbal_editing on Rabu, 08 Februari 2017 | 15.14

Informasi Gizi

Ukuran Porsi: 1 buah
 
per porsi
Kilojoule 887 kj
Kalori 212 kkal
Lemak 12,21 g
  Lemak Jenuh 2,505 g
  Lemak tak Jenuh Ganda 3,354 g
  Lemak tak Jenuh Tunggal 3,354 g
  Kolesterol 59 mg
Protein 4,64 g
Karbohidrat 20,79 g
  Serat 0,9 g
  Gula 0,42 g
Sodium 210 mg
KaliumDi Indonesia sendiri, buah ini masih jarang disajikan sehari-hari. Minyak zaitun juga belum umum digunakan untuk memasak karena harganya yang cenderung lebih mahal daripada minyak goreng biasa. Namun, zaitun sebenarnya memiliki banyak manfaat yang tidak bisa disepelekan.
Zaitun kaya akan berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Manfaat zaitun bahkan diakui oleh Nabi Muhammad yang menyebutnya sebagai pohon yang diberkahi. Pohon dan minyak zaitun juga disebutkan sebanyak tujuh kali di Al Quran.

Kandungan Nutrisi Zaitun

nutrisi zaitun olive
Buah zaitun (olive) mengandung banyak nutrisi esensial untuk tubuh. [image: LoggaWiggler/Pixabay]
Zaitun merupakan sumber zat besi dan tembaga yang sangat baik, dengan jumlahnya masing-masing mencapai 41% dan 28% dari kebutuhan harian. Buah yang dapat dijadikan pengganti kurma di bulan Ramadhan ini diperkaya dengan serat pangan, vitamin A, vitamin E, potasium dan kalsium. Ada juga vitamin dan mineral lain dalam jumlah kecil seperti niasin, kolin, dan asam pantotenik. Namun yang paling mengesankan adalah asam lemak dan senyawa fitonutrien yang dimilikinya. Mulai dari fenol sederhana (tirosol dan hidroksitirosol), terpenes (oleuropein, demetileuropein, eritrodiol, uvaol, asam oleanolat, asam elenoat, ligstroside), flavon (apigenin, luteolin), asam hidroksisinamat (asam kafeat, asam sinamat, asam ferulat, asam koumarat), antosianidin (sianidin, peonidin), flavonol (quercetin, kaempferol), asam hidroksibenzoik (asam galat, asam protokatekat, asam vanilat, asam siringat), asam hidroksifenilasetat (asam homovanilat, asam homveratrat), hingga asam linoleat, alfa linoleat, dan omega 3.

Manfaat Zaitun untuk Kesehatan

Menyehatkan jantung
Zaitun memiliki kalori sedang, sekitar 115 kalori per 100 gr yang sebagian besar berasal dari kandungan lemaknya. Jumlah lemak total zaitun bahkan mencapai 50% dari kebutuhan harian. Namun lemak ini termasuk sehat karena hadir dalam bentuk asam lemak tak jenuh tunggal. Asam lemak tersebut mampu menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan HDL dalam darah. Minyak yang diekstrak dari zaitun bahkan diakui sebagai salah satu minyak tersehat yang dapat dimakan.
Zaitun juga memiliki senyawa hidroksitirosol yang merupakan salah satu antioksidan alami terkuat. Hidroksitirosol dapat mengurangi risiko penggumpalan darah dan mengendurkan pembuluh darah bersama dengan vitamin E dan karotenoid. Penelitian menunjukkan bahwa diet Mediteranian dapat mencegah perkembangan penyakit arteri konorer dan stroke.
94 mg

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik