Entri Populer

Studi: Wanita yang Rajin Olahraga Jarang Terserang Stroke

Written By iqbal_editing on Sabtu, 09 September 2017 | 22.03

Rutin olahraga bisa menyelamatkan wanita dari bahaya stroke. Hal ini dibuktikan oleh penelitian terbaru dari Amerika Serikat.

dr Joshua Willey dari Columbia University Medical Center, New York, melakukan penelitian kepada 61.000 wanita. Para partisipan dicek kebiasaan olahraganya pada tahun 1995-1996 dan 2005-2006.

Baca juga: 8 Cara Mencegah Stroke pada Wanita
Secara keseluruhan, 987 partisipan meninggal akibat stroke di akhir program penelitian. Hasil penelitian menyebut para partisipan yang berolahraga minimal 150 menit per minggu memiliki risiko 30 persen lebih rendah terserang stroke.

"Ada yang rajin olahraga sejak muda, ada juga yang menjadi tidak aktif ketika beranjak dewasa. Namun studi kami membuktikan bahwa anjuran olahraga minimal 150 menit per minggu benar-benar bisa menyelamatkan nyawa Anda dari serangan stroke," tutur dr Willey, dikutip dari Reuters.

Lebih lanjut, mereka yang rutin melakukan olahraga berkurang risiko meninggal akibat stroke sebesar 35 persen. Olahraga dalam intensitas ringan juga diketahui bermanfaat, meskipun persentasenya lebih kecil yakni hanya 12 persen.

Joe Northey dari university of Canberra, Australia, mengatakan bahwa wanita secara umum lebih jarang berolahraga daripada laki-laki. Di sisi lain, risiko mereka mengalami serangan jantung dan stroke justru lebih besar.

"Karena itu olahraga rutin dan teratur menjadi penting. Olahraga membuat aliran darah ke otak menjadi lebih lancar dan lebih baik, yang juga sekaligus menjaga fungsi dan kesehatan otak," tutupnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik