Entri Populer

pengertian dan bidang-bidang bedah syaraf

Written By iqbal_editing on Senin, 08 Agustus 2016 | 00.19

Bedah saraf merupakan bidang kesehatan khusus yang berpusat pada pencegahan, diagnosis, pengobatan, dan rehabilitasi gangguan yang menyerang sistem saraf, yang meliputi otak, sumsum tulang belakang, dan saraf perifer. Bidang ini menangani seluruh sifat-sifat penyakit termasuk penyakit bawaan, trauma, terkait dengan infeksi, dan degeneratif. Salah satu contoh kondisi penyakit bawaan adalah hidrosepalus, sedangkan kasus penyakit yang berhubungan dengan infeksi termasuk meningitis dan mielomeningokel; kedua penyakit ini umumnya menyerang pasien anak-anak. Yang lebih umum menyerang orang dewasa adalah kondisi neurologis traumatis, yang merupakan trauma kepala atau tulang belakang yang dapat menyebabkan perdarahan dalam, sementara penyakit degeneratif termasuk aneurisma dan penyakit Parkinson lebih umum menyerang pasien yang lebih tua.
Karena sifatnya yang meluas, bedah saraf dibagi dalam berbagai kategori, termasuk bedah saraf umum dan sejumlah cabang khusus.
  • Bedah saraf umum – Bedah saraf umum terlibat dalam sebagian besar kondisi yang bersifat neurologis terutama trauma neurologis dan keadaan darurat neurologis, salah satu contohnya adalah pendarahan intrakranial.
  • Bedah saraf pembuluh darah dan endovaskuler – Bedah ini melibatkan pemeriksaan dan pengobatan aneurisma, stenosis karotis, stroke, vasopasme, dan struktur tulang belakang tidak sesuai. Perawatan bedah dengan kondisi tersebut, saat ini dilakukan dengan menggunakan teknik rendah risiko seperti angioplasti, pemasangan stent, dan embolisasi.
  • Bedah saraf tulang belakang – Bedah ini merupakan perawatan untuk gangguan yang menyerang leher, toraks, dan tulang belakang bagian lumbal; gangguan ini termasuk artritis pada cakram tulang belakang, tekanan saraf tulang belakang akibat trauma, atau spondilosis. Gejala untuk masalah tulang belakang termasuk kekurangan keseimbangan, mati rasa dan kesemutan pada tangan dan kaki.
  • Bedah saraf perifer – Bedah saraf perifer umum termasuk dekompresi saluran karpal untuk pengobatan carpal tunnel syndrome serta transposisi saraf perifer; cabang bedah saraf ini bertanggung jawab untuk mengobati kondisi saraf terjepit.
  • Bedah saraf stereotaktik, fungsional, dan epilepsi
  • Bedah saraf Onkologi
  • Bedah pangkal tengkorak
  • Bedah saraf Pediatri

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik