Entri Populer

Ini Sebabnya Lambung Tak Bolong Meski Mengandung Asam

Written By iqbal_editing on Rabu, 13 September 2017 | 17.01

Lambung adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Lambung pun tidak terlepas dari beberapa gangguan seperti meningkatnya asam lambung. Lantas seberapa kuatnya asam pada lambung kita?

"pH asam lambung yang ideal mesti di atas 4, asamnya mendekati 4. Namun pada orang-orang hyperacidity atau asam lambung berlebihan bisa mencapai 2, 2 itu cukup asam," kata dokter spesialis penyakit dalam, dr Hendra Nurjadin, SpPD-KGEH dari RS Mayapada Tangerang dalam video Bincang Sehat.

"Kalau kita obati, target pengobatan bisa pH asam lambung di atas 4, untuk proses luka lambung pun akan lebih baik. Nah sekuat apa, tentu akan sulit dibandingkan antara asam lambung pH 2 dengan asam sulfat," ucapnya lagi.


Menurut dr Hendra, secara organ lambung dilapisi oleh lapisan pelindung, yaitu adanya lapisan mukosa di dalam lambung yang menghasilkan mukos atau lendir disertai bikarbonat yang merupakan lapisan bawah dari permukaan lambung yang akan melindungi lapisan-lapisan lambung di bawahnya terhadap serangan asam yang terlalu berlebihan.

"Sehingga kalau kita pikirkan adanya faktor attack dari asam lambung dan ada faktor pelindung dari mukosa lambung sendiri itu harus dalam keseimbangan agar asam lambung ini tidak sampai membuat luka di lambung itu sendiri," tutur dr Hendra.

Dikatakan dr Hendra, lambung memang didesain asam karena banyak fungsi dari asam lambung tersebut pada tubuh. Selain membantu mencerna makanan, asam lambung juga melindungi makanan dari bakteri

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik