Entri Populer

penyebab adanya rasa geli enak saat membersihkan telinga

Written By iqbal_editing on Senin, 13 Maret 2017 | 08.10

Kotoran telinga memang bisa keluar dengan sendirinya. Tapi, ada beberapa orang yang rutin membersihkan telinganya misalkan dengan cotton bud. Nah, saat kegiatan ini dilakukan, ada yang merasakan sensasi geli geli 'enak'. Mengapa begitu?

Benjamin Tweel, MD, asisten profesor otolaryngology di Icahn School of Medicine, Mount Sinai mengatakan beberapa orang memang merasakan dorongan untuk membersihkan dan mengeluarkan kotoran telinga yang dirasa berpotensi menyumbat telinganya.

"Banyak orang punya perasaan jengkel atau gatal kronis dan merasa mengorek telinga bisa mengurangi perasaan itu. Dalam hal ini, ibaratnya Anda menggaruk bagian tubuh yang gatal," tutur Tweel kepada Men's Health.

Kemungkinan lainnya, telinga bisa menjadi zona erotis beberapa orang. Terlebih, telinga memiliki sistem saraf dan ujung saraf yang cukup kompleks. Sehingga, dikatakan ahli otolaryngology di Johns Hopkins Medicine, Seth Pross MD, seseorang bisa merasakan sensasi berbeda dari stimulasi yang diberi ke telinga.

"Contoh klasiknya ketika ada sesuatu di telinganya, seseorang merasa ini seperti ada sesuatu di tenggorokannya," kata Pross.

Kemungkinan lainnya, lanjut Pross, ada saraf vagus dengan struktur yang bercabang di sepanjang otak sampai bokong. Nah, saraf vagus bisa terstimulasi melalui telinga. Sehingga, ada sensasi geli-geli menyenangkan ketika telinga dikorek.

Baca juga: Tak Perlu Dikorek, Ada Kotoran di Lubang Telinga Masih Wajar

Tweel menambahkan, karena telinga bisa jadi area yang normalnya jarang disentuh, maka ketika tersentuh ada sensasi tak biasa yang dialami. Sama halnya ketika Anda menyentuh ketiak, ada sensasi tersendiri karena ketiak jarang disentuh.

Soal pemakaian cotton bud untuk membersihkan telinga, itu tidak dianjurkan. Menurut asisten profesor THT di Weill Cornell Medical College, Maria Suurna, MD ketika Anda menggunakan cotton bud, akan mengganggu proses pengeluaran itu dan perontokan alami sel kulit mati hingga menyebabkan lebih banyak kotoran telinga yang dihasilkan.

Penggunaan cotton bud juga bisa malah mendorong kembali kotoran ke saluran telinga hingga menyebabkan penyumbatan. Untuk membersihkan telinga, penggunaan hidrogen peroksida bisa jadi cara tepat. Caranya, gunakan satu atau dua tetes hidrogen peroksida sekitar 10 menit sebelum mandi. Peroksida akan mencairkan kotoran telinga sehingga bisa memudahkan kotoran telinga keluar ketika Anda tengah mandi.

"Metode ini bisa dilakukan sebulan sekali. Kulit di telinga yang kering juga bisa memicu produksi kotoran telinga berlebih. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan minyak mineral guna membantu kulit telinga tetap lembap," kata Suurna.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik