Entri Populer

pengertian, penyebab dan gejala penyakit crolan

Written By iqbal_editing on Kamis, 29 September 2016 | 14.21

engertian Penyakit Crohn

Penyakit Crohn atau Crohn’s disease adalah penyakit inflamasi usus seumur hidup dimana bagian dari sistem pencernaan dapat membengkak dan luka yang mendalam yang biasa disebut ulkus. Penyakit Crohn biasanya ditemukan di bagian terakhir dari usus kecil dan bagian pertama dari usus besar. Akan tetapi hal ini bisa saja berkembang di mana saja di saluran pencernaan, baik itu dari mulut ke anus.

Penyebab Penyakit Crohn

Penyebab pasti penyakit Crohn tidak diketahui. Ini adalah suatu kondisi yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh Anda keliru menyerang dan menghancurkan jaringan tubuh yang sehat (gangguan autoimun).
Orang yang terkena penyakit Crohn yang berkelanjutan (kronis) dengan peradangan saluran pencernaan mungkin melibatkan usus kecil, usus besar, rektum, atau mulut. Peradangan menyebabkan dinding usus menjadi tebal.
Ada beberapa faktor yang berperan dalam penyakit Crohn:
  • Gen Anda dan riwayat keluarga (orang-orang keturunan Yahudi berada pada risiko yang lebih tinggi)
  • Faktor-faktor lingkungan
  • Kecenderungan tubuh Anda untuk bereaksi berlebihan terhadap bakteri normal dalam usus
  • Merokok
Penyakit Crohn dapat terjadi pada semua usia. Ini biasanya terjadi pada orang antara usia 15 sampai 35 tahun.

Gejala dan Tanda Penyakit Crohn

Gejala utama dari penyakit Crohn adalah perut nyeri dan diare (kadang-kadang dengan darah). Beberapa orang mungkin mengalami diare 10 sampai 20 kali sehari. Kehilangan berat badan adalah tanda lain yang paling sering. Gejala yang kurang sering seperti sariawan, penyumbatan usus, fissura anal, dan fistula antara organ.
Infeksi, perubahan hormonal, dan merokok dapat menyebabkan gejala penyakit ini semakin meningkat. Anda mungkin hanya terkena gejala ringan atau tidak ada gejala sama sekali untuk waktu yang lama. Sedangkan beberapa orang yang telah mengalami dalam jangka waktu yang lama, akan menampakkan gejala yang parah.
Sangat penting untuk menyadari tanda-tanda bahwa penyakit Crohn mungkin akan semakin buruk. Hubungi dokter Anda segera jika Anda memiliki salah satu dari tanda-tanda ini:
  • Anda merasa lemas atau memiliki denyut nadi cepat dan lemah.
  • Anda mengalami sakit perut yang parah.
  • Anda mengalami demam atau menggigil.
  • Anda muntah berkali-kali

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik