Entri Populer

GANGuan penglihatan pada anak

Written By iqbal_editing on Jumat, 21 Oktober 2016 | 18.39

Sudah menjadi kewajiban para orang tua agar lebih memperhatikan kondisi fisik dan mental anaknya. karena seorang anak tentu tidak mengetahui apa saja gangguan-gangguan dan kelainan-kelainan yang ada pada tubuhnya.

Salah satu hal yang harus kita perhatikan yaitu ada atau tidak nya Gangguan penglihatan pada anak atau kelainan-kelainan mata anak. karena ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan sehingga bisa di berikan penanganan yang cepat dan secara tepat demi kebaikan si buah hati anda. Baca juga artikel terkait Jangan menunda Imunisasi pada anak
Jenis-Jenis Gangguan Penglihatan Pada Anak
Berikut ini beberapa jenis-jenis gangguan penglihatan pada anak-anak. yang wajib untuk anda ketahui karena sebagian besar kelainan mata anak tersebut bisa disembuhkan jika terdeteksi sejak dini.

Kelainan-kelainan dan gangguan penglihatan pada anak : 

Kelainan mata Strabismus ( Juling )

Strabismus atau yang lebih dikenal dengan juling yaitu suatu Kondisi mata tidak berada dalam posisi yang sejajar, hal ini bisa di lihat langsung terhadap respon mata anak terhadap benda atau objek-objek penglihatan. 
Ada beberapa bentuk gejala kelainan mata strabismus / juling yaitu : satu mata atau dua mata mengarah keluar ( Eksotropia ), satu atau dua mata yang mengarah ke hidung disebut dengan Stabismus Esotropia, mengarah ke atas disebut dengan Hypertropia, dan mata yang mengarah kebawah Hipotropia. jika terdeteksi adanya kelainan mata anak anda seperti gejala dan tanda-tanda diatas segeralah konsultasi dengan dokter mata terdekat di tempat anda.

Kelainan penglihatan Refraktif

Kelainan penglihatan Refraktif adalah kelainan yang terjadi akibat tidak normal nya bentuk mata yang sehingga menyebabkan bias penglihatan yang berakibat terhadap pandangan menjadi kabur. Gangguan penglihatan ini bisa berupa rabun jauh atau rabun sekat.  kelainan mata pada anak yang ini biasanya disebabkan oleh Faktor genetik. 
Gejala dan ciri-ciri kelainan penglihatan yang sering ditunjukkan oleh penderita Refraktif yaitu Seorang anak kerap menyipitkan matanya di saat menatap atau melihat objek dari jarak dekat atau jarak jauh

Kelainan mata Ambliopia ( mata malas )

faktor yang menyebabkan gangguan Amliopia yaitu akibat otak yang hanya memproses informasi visual/penglihatan hanya dari salah satu mata yang dominan yang berakibat gangguan penglihatan pada anak tersebut, Bahkan yang lebih parah beresiko kehilangan penglihatan secara permanen apabila tidak segera ditangani. 
Gejala kelainan pada mata ambliopia yaitu kedua mata anak tidak bergerak bersamaan, atau terkadang anak cenderung memiringkan kepala disaat melihat sesuatu objek, dan memiliki kelopak mata yang turun.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik