Entri Populer

komplikasi,diagnosa, pengobatan dan pencefahan cardiomegally

Written By iqbal_editing on Senin, 10 Oktober 2016 | 07.15

Komplikasi Akibat Cardiomegaly

Cardiomegaly atau pembesaran jantung ini bisa memicu gagal jantung, pembekuan atau penggumpalan darah, heart murmur, dan henti jantung (cardiac arrest). Jika tidak ditangani dengan benar, dapat berujung pada kematian. 

Diagnosa Cardiomegaly

Untuk mendiagnosis cardiomegaly, dokter akan melakukan beberapa tes. Tes tersebut meliputi pemeriksaan fisik, rontgen, electrocardiogram (ECG/EKG), echocardiogram, tes tingkat stres jantung, CT scan atau MRI, tes darah, serta kateterisasi jantung dan biopsi.
 

Pengobatan Cardiomegaly

Penanganan cardiomegaly difokuskan pada mengobati penyebab membesarnya jantung. Cardiomegaly dapat diatasi dengan pemberian obat maupun operasi.
Obat-obatan yang diberikan biasanya berupa obat pencegah pembekuan atau penggumpalan darah, serta obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi.
Tapi, jika obat-obatan yang dikonsumsi tidak berhasil, maka akan dilakukan operasi. Operasi pun bergantung penyebab pembesaran jantung. Kalau disebabkan oleh penyakit pada katup jantung, maka bagian katup jantung lah yang dioperasi. Kalau penyebabnya penyakit jantung koroner, maka disarankan dilakukan operasi bypass jantung.
Jika kondisinya sangat parah, dokter bisa saja merekomendasikan dilakukan transplantasi jantung. 

Pencegahan Cardiomegaly

Cardiomegaly umumnya tidak dapat dicegah. Tapi, risiko terjadinya bisa dikurangi. Caranya dengan menghindari konsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang, mengonsumsi vitamin dan mineral yang cukup, mengontrol tekanan darah, mengonsumsi makanan sehat, dan berolahraga teratur.
Selain itu, selalu jaga kadar kolesterol dan gula darah tubuh, berhenti merokok, serta tidur yang cukup. Dengan begitu risiko serangan jantung, yang dapat memicu cardiomegaly, dapat dikurangi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik