Entri Populer

perkembangan motorik kasar bayi dan latihan stimulasi perkembangan bayu

Written By iqbal_editing on Kamis, 27 Oktober 2016 | 18.39

ERKEMBANGAN MOTORIK KASAR BAYI NORMAL
1. USIA 1-1,5 BULAN
Bila ditengkurapkan, bayi mampu mengangkat kepala sesaat.
2. USIA 1,5-4 BULAN
Bila ditengkurapkan, bayi mampu mengangkat kepala hingga tegak.
3. USIA 2-4 BULAN
Bila bayi diposisikan duduk dengan dipegangi, bayi mampu mempertahankan kepalanya pada posisi tegak.
4. USIA 2,5-5 BULAN
Bila ditengkurapkan, bayi mampu mengangkat badannya dengan tumpuan pada kedua lengan bawah.
5. USIA 2,5-5,5 BULAN
Bayi mampu berguling dari terlentang ke tengkurap dan sebaliknya.
6. USIA 5,5-7,5 BULAN
Dari posisi tengkurap, bayi mampu duduk sendiri dengan kedua lengan masih menyangga di depan.
7. USIA 7-9 BULAN
Mampu berdiri dengan kedua lengan dipegangi.
8. USIA 8-11 BULAN
Mampu duduk sendiri.
9. USIA 10-12 BULAN
Mampu berdiri bantuan dan dapat berdiri selama 2 hitungan.
10. USIA 11-14 BULAN
Mampu berdiri sendiri.


latihan  stimulasi perkembangan bayi
1. Latihan mengangkat kepala pada posisi tengkurap : (1) tengkurapkan bayi, ibu disamping bayi. (2) beri ketukan lembut pada punggung atas bayi hingga kepala bayi terangkat. Lakukan selama 2-3 menit, 2 kali sehari.
2. Latihan mempertahankan kepala tetap tegak : (1) bayi dipangku dengan dipegangi pada dadanya. (2) berikan tekanan ringan pada kepala bayi kearah leher (bawah). Lakukan selama 2-3 menit, 2 kali sehari.
3. Latihan menumpu badan dengan kedua lengan :(1) tengkurapkan bayi dengan lengan menyangga badan, pegangi pada kanan kiri bahunya. (2) beri tekanan ringan pada kedua bahu dengan arah menuju lengan. Lakukan 2-3 manit, 2 kali shari.
4. Latihan berguling dari posisi terlentang : (1) bayi terlentang, pegangi pada kaki kanan kirinya. (2) gerakkan salah satu kaki memutar menyilang kaki yang lain sehingga bayi tengkurap. Lakukan 2-3 menit, 2 kali sehari.
5. Latihan duduk dari tengkurap : (1) bayi tengkurap, pegangi dari kanan kiri panggulnya. (2) beri tarikan pada panggul kearah duduk. Lakukan 2-3 menit, 2 kali sehari.
6. Latihan mempertahankan posisi duduk tegak : (1) posisikan bayi duduk di depan ibu, pegangi pada kedua bahunya dari atas. (2) beri tekanan lembut pada kedua bahunya ke arah bawah.
7. Latihan keseimbangan pada posisi duduk tegak : (1) posisi bayi duduk, pegangi kedua lengannya. (2) beri dorongan lembut pada lengan bayi ke kiri - kanan bergantian. (3) lanjutkan dengan dorongan lembut ke depan-belakang bergantian.
8. Latihan berdiri : (1) posisi bayi duduk, pegangi kedua lengannya dari depan. (2) beri tarikan pada kedua lengannya ke arah depan atas sehingga bayi berdiri.
9. Latihan keseimbangan pada posisi berdiri : (1) posisikan bayi berdiri dengan dipegangi panggulnya dari samping. (2) beri dorongan pada panggul secar lembut ke kanan - kiri bergantian. (3) lanjutkan dengan dorongan lembut ke depan - belakang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik