Entri Populer

tanda dan gejala dini kanker hati

Written By iqbal_editing on Senin, 24 Oktober 2016 | 07.11

Tanda dan Gejala Dini Penyakit Kanker Hati atau Liver

1. Urin berwarna gelap 

Peningkatan bilirubin dalam darah akan menyebabkan warna urin bervariasi dari kuning tua sampai coklat. Jika Anda melihat perubahan warna urin Anda menjadi gelap tanpa sebab yang pasti, segera konsultasikan ke dokter.

2.Ascitis 

Ascitis atau akumulasi cairan di perut adalah salah satu gejala kanker hati tahap awal yang umum terjadi. Kembung di perut disertai hati yang sakit dapat dianggap sebagai indikasi awal kanker hati.

4. Pembesaran perut 

Hati atau liver yang sedang bermasalah akan menyebabkan sakit perut. Jika Anda mengalami sakit perut yang disertai pembesaran hati, kemungkinan Anda terkena penyakit liver.

5.Gatal 

Gatal dapat dianggap sebagai hal biasa dan umum terjadi. Namun gatal juga merupaka salah satu indikasi dari kanker hati. Hal ini terjadi terutama karena efek peningkatan bilirubin dalam tubuh Anda. Gangguan fungsi hati akan mengakibatkan peningkatan bilirubin, yang akan menyebabkan gatal-gatal pada kulit.

6.

Pembengkakan hati 
Hati atau liver terletak di sisi kanan perut bagian atas, agak ke tengah. Nah, hati yang membengkak akan telihat menonjol pada posisi ini. Jika Anda mengalami hal ini, segera tanyakan kepada dokter untuk mencari solusi lebih lanjut.

7. Kelelahan 

Penderita kanker hati biasanya sering mengalami kelelahan tanpa sebab yang pasti. Meskipun kelelahan merupakan hal yang biasa, Anda harus tetap waspada jika Anda juga merasakan gejala-gejala kanker hati lainnya.

8. Mual dan muntah 

Jika Anda mengalami mual dan muntah tanpa sebab yang dikenal, periksa apakah Anda memiliki gejala lain dari gangguan fungsi hati. Muntah dan mual biasanya dianggap sebagai tanda-tanda peringatan dini kanker hati.

9. Berat badan menurun

Hati adalah organ utama yang akan membantu tubuh kita dalam metabolisme. Gangguan fungsi hati akan menyebabkan penurunan berat badan, yang dapat dianggap sebagai salah satu yang paling penting dari gejala tahap awal kanker hati.

10. Ikterus 

Ikterus bukanlah penyakit, melainkan presentasi klinis penurunan nilai pada fungsi hati. Gangguan fungsi hati menyebabkan retensi bilirubin dalam tubuh. Penyakit kuning atau hepatitis biasanya dapat dijadikan indikator sebagai salah satu tanda-tanda dini dari kanker hati.

Penyebab Kanker Hati atau Liver

Nah, itu tadi beberapa gejala awal kanker hati. Belum diketahui secara jelas apa yang menyebabkan timbulnya kanker hati ini. Namun, dalam beberapa kasus yang ditemukan, kanker hati muncul karena dampak akumulasi dari virus hepatitis atau penyakit kuning

Cara Pencegahan Kanker Hati

Adapun cara pencegahan dari kanker hati adalah dengan membiasakan hidup sehat serta menghindari makanan yang mengandung pengawet dan sayuran berpestisida. Karena makanan tersebut mengandung racun dan zat berbahaya yang dapat memperberat fungsi kerja hati. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik