Entri Populer

cara mengatasi jerawat di telinga

Written By iqbal_editing on Rabu, 23 November 2016 | 21.35

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum dan tidak ada habisnya bila diperbincangkan. Jerawat dapat muncul di beberapa bagian tubuh, tak terkecuali di telinga Anda. Jerawat di telinga memang tidak begitu terlihat, namun kadang akan terasa sangat menyakitkan dan tidak nyaman. Telinga memiliki kelenjar keringat yang juga dapat mengakibatkan timbulnya jerawat.
Jerawat di telinga bagian dalam ataupun luar muncul dalam bentuk komedo yang berisi benjolan kecil maupun besar berwarna hitam atau kuning. Para ahli dermatologi mengategorikan jerawat di telinga ini sebagai komedo terbuka. Hal ini disebabkan karena kelebihan minyak di kelenjar sebaceous yang berada tepat di bawah kulit.
Adanya nanah pada jerawat sering menyebabkan nyeri di telinga terutama jika Anda menyentuhnya. Mungkin dibutuhkan beberapa hari untuk meredakan nyerinya tergantung pada tingkat keparahan infeksi. Jerawat di telinga biasanya akan berwarna kemerahan dari waktu ke waktu dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Hal ini akan Anda alami jika Anda memaksa dan memencet jerawat. Para ahli telah mempersempit pada gejala jerawat di telinga:
  • Warna kulit memerah di sekitar telinga
  • Luka yang menyakitkan di belakang telinga
  • Gatal-gatal
  • Nanah yang terus mengalir

Pengobatan Untuk Jerawat di Telinga

Pengobatan jerawat di telinga tidak jauh berbeda dengan cara mengobati komedo di bagian tubuh lainnya. Akan tetapi karena telinga berada di posisi yang agak sulit, hal ini akan menjadi kompleks ekstraksi dan menyulitkan pengobatan. Para dermatologi merekomendasikan beberapa perawatan berikut:
  • Ekstraksi dengan bantuan ekstraktor logam di hadapan dokter kulit
  • Pengelupasan
  • Chemical peeling
  • Menyeka di bagian luar dan dalam telinga dengan sepotong kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol. Hal ini untuk mencegah penyumbatan pori-pori di kulit.
  • Gunakan krim yang mengandung bahan-bahan seperti minyak green tea dan sulfur yang membantu mengeluarkan nanah yang sebenarnya mengandung bakteri.
  • Acetaminophen diresepkan untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan yang di jerawat di telinga. Acetaminophen adalah obat penghilang rasa sakit yang sangat efektif untuk mengobati jerawat di telinga. Untuk sakit karena jerawat di telinga ringan, Anda bisa menggunakan minyak mineral untuk mengurangi rasa sakitnya.
skin.co.id Cara Mengatasi Jerawat Di Telinga
  • Menghilangkan jerawat di telinga bukan lah sesuatu yang bisa Anda lakukan. Konsultasikan kepada dokter dalam mengatasi berbagai masalah jerawat di telinga.
  • Dalam beberapa kasus, jerawat di telinga mungkin akan menghambat pintu masuk ke lubang telinga Anda. Akibatnya hal ini mungkin dapat mempengaruhi kemampuan pendengaran seseorang sampai batas tertentu. Namun, jangan pernah memencet jerawat di telinga Anda karena ini hanya akan memperparah kondisi jerawat Anda.
  • Banyak orang yang mencoba untuk menggunakan jarum jahit yang disterilkan untuk menghilangkan jerawat. Namun, menghilangkan jerawat secara paksa dengan jarum dapat menyebabkan rasa sakit yang tidak tertahankan selama beberapa waktu. Biarkan jerawat tersebut sembuh dan keluar dengan sendirinya.
Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter jika jerawat di telinga Anda menyebabkan nyeri berlebih atau stres. Mendapatkan saran terbaik dari dokter akan membantu Anda mengetahui kondisi detail dan pilihan perawatan seperti antibiotik, antiseptik, chemical peeling atau perawatan terbaik lainnya.
BACA JUGA: Waktu Yang Tepat Kapan Anda Haru Ke Dokter Untuk Mengatasi Masalah Jerawat

Jerawat Di Saluran Telinga Luar

Jerawat paling sering timbul pada wajah, dada, punggung, dan bahu. Namun jerawat juga dapat muncul pada area tubuh di mana ada produksi sebum berlebihan. Hal ini juga bisa saja terjadi di saluran telinga luar. Jerawat di telinga bisa timbul apabila Anda juga mengalami infeksi saluran telinga yang dikenal sebagai otitis eksternal. Jerawat bisa timbul di sekitar daerah yang terinfeksi. Menurut “Merck Manual Home Edition”, sebagian besar infeksi otitis eksternal disebabkan karena bakteri dalam saluran telinga Anda. Namun dalam beberapa kasus, jamur di telinga juga dapat berkontribusi terhadap infeksi. Telinga yang berair, atau terkena semprotan tertentu seperti hair spray, atau kondisi telinga yang terluka akan menyebabkan otitis eksternal. Otitis eksternal dapat menyebabkan ketidak nyamanan atau infeksi yang disebut sebagai furunkulosis.
Menurut “The National Health Service” furunkulosis biasanya ditandai oleh infeksi folikel rambut di saluran telinga. Infeksi ini biasanya menyebabkan jerawat kecil yang merah di saluran telinga, dan dapat menyebabkan rasa sakit yang parah ke telinga Anda. Jerawat ini juga biasanya berisi nanah berwarna keputihan atau kekuningan. Pada kasus yang parah, jerawat furunkulosis ini dapat menyebabkan radang jerawat yang lebih parah seperti bisul. Dalam kondisi seperti itu, Anda mungkin mengalami masalah pendengaran atau dapat menyebabkan gangguan pendengaran sementara.

Bagaimana Mengobati Jerawat Di Saluran Telinga Luar?

BLEMISH RESTORE

Perbaiki Warna Kulit Anda dari Bekas Jerawat
  • Memperbaiki area kulit yang gelap karena bekas atau noda jerawat
  • Mengatasi flek atau noda hitam
  • Mempercepat proses regenerasi kulit
  • Cocok untuk kulit sensitif
Singkirkan noda & flek hitam bekas jerawat Anda sekarang juga! Beli DI SINI!
Jerawat di saluran telinga luar biasanya akan sembuh dengan sendirinya secara alami tanpa pengobatan setelah beberapa hari, setelah radang jerawat tersebut sembuh. Namun, proses tersebut akan terasa menyakitkan, jadi Anda bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen. Jangan menggaruk atau menyentuh daerah jerawat ini karena hal tersebut hanya akan membuat kondisi yang lebih parah. Jika jerawat ini belum sembuh dalam jangka waktu seminggu, Anda dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter untuk menemukan perawatan yang tepat. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi dan mengatasi masalah jerawat di telinga, di antaranya adalah:
  1. Membuat Kompret Hangat
    Lap jerawat Anda dengan alkohol terlebih dahulu. Peras kompresan air tersebut dan tempelkan ke daerah telinga yang berjerawat. Biarkan selama 5 menit dan lakukan 3-4 kali dalam sehari. Hal ini akan meredakan rasa nyeri akibat peradangan yang ditimbulkan oleh jerawat.
  1. Teh Hitam
    Basahi kantong teh hitam dengan air panas. Kemudian tempelkan kantong teh tersebut ke daerah telinga yang berjerawat dan tutup dengan kain lap basah. Tanin yang dipanaskan dalam teh akan membantu Anda mengurangi peradangan.
skin.co.id Cara Mengatasi Jerawat Di Telinga
  1. Susu
    Susu mengandung asam alpha hydroxyl (AHA) yang membantu mengatasi pori-pori yang tersumbat dan menyingkirkan sel-sel kulit yang mati. Rendam bola kapas dengan susu kemudian oleskan pada bagian telinga yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Ulangi 3-4 kali dalam sehari.
  1. Gel Lidah Buaya
    Lidah buaya memiliki sifat anti bakteri yang dapat membantu mengatasi jerawat dan mengurangi pembengkakan. Anda dapat menggunakan gel atau daging bagian dalam lidah buaya atau produk yang mengandung lidah buaya. Biarkan gel tersebut berada di atas jerawat Anda selama 20 menit. Bilas dengan air hangat dan lakukan hingga dua kali sehari.
  1. Cuka Sari Apel
    Cuka sari apel mengandung antiseptik yang mampu membunuh dan mencegah infeksi dan pertumbuhan bakteri. Bahan ini juga berguna sekali untuk mengecilkan pori-pori. Rendam bola kapas dalam cuka dan usapkan pada jerawat di telinga Anda. Biarkan selama satu menit kemudian bilas dengan air. Lakukan hingga 3-4 kali dalam sehari.
Anda tidak perlu begitu khawatir jika memiliki jerawat di telinga. Jerawat di belakang telinga sangatlah umum terjadi yang biasanya ditandai dengan infeksi ringan dan menghilang dengan sendirinya. Jangan sekali-kali menempelkan penyeka kapas atau benda lainnya yang dapat merusak saluran telinga untuk mencegah furunkulosis di saluran telinga. Jangan biarkan pula air dan sampo masuk ke dalam telinga ketika mandi. Anda juga bisa mencegah jerawat di telinga ini dengan campuran alkohol dan cuka. Jika Anda rentan untuk mengalami infeksi saluran telinga, jangan lupa untuk menginformasikan atau mendiskusikan dengan dokter Anda sebelum Anda menerima pengobatan gangguan telinga.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik