Entri Populer

fungsi sistem endokrin

Written By iqbal_editing on Jumat, 30 Desember 2016 | 01.28

Sistem endokrin memiliki fungsi yang penting dalam proses tubuh yang terjadi secara perlahan. Contoh dari fungsi yang dilakukan sistem endokrin adalah dalam pertumbuhan sel. Meskipun pertumbuhan sel adalah fungsi yang sangat penting dari sistem ini, ada banyak fungsi lain yang merupakan tanggung jawab sistem endokrin.
Advertisement
Sistem endokrin memainkan peran besar dalam membantu mengatur dan menjaga fungsi tubuh yang berbeda dengan membuat dan melepaskan hormon yang berbeda.
Beberapa bidang utama yang mereka kontrol tersebut merupakan respon tubuh Anda harus stres dan cedera, pertumbuhan dan perkembangan, penyerapan nutrisi, metabolisme energi, air dan keseimbangan elektrolit.
Sistem endokrin juga membantu mengatur fungsi seksual dan proses reproduksi. Sistem endokrin juga melakukan banyak hal lain untuk tubuh kita! Sistem endokrin memberitahu tubuh kita di mana sel-sel kita arah keluar dan apa yang harus masuk. Hal ini cukup menakjubkan bagaimana Anda tidak tahu begitu banyak hal dalam tubuh Anda dan apa yang mereka lakukan.

Organ utama

Apa yang Anda pikirkan ketika Anda berpikir tentang bagian-bagian yang paling penting dari tubuh Anda? Hati Anda, jantung Anda, pankreas? Nah, itu lucu bahwa beberapa bagian yang paling penting sebetulnya merupakan bagian dari sistem endokrin. Mereka mempengaruhi setiap sel, organ, dan fungsi tubuh kita.
Dasar dari sistem ini adalah kelenjar hormon. Kelenjar utama yang membentuk sistem endokrin manusia adalah: hipotalamus, hipofisis, tiroid, paratiroid, adrenal, badan pineal, dan kelenjar reproduksi, yang meliputi ovarium dan testis. Pankreas juga merupakan bagian dari sistem, meskipun juga berkaitan dengan sistem pencernaan karena juga memproduksi dan mengeluarkan enzim pencernaan.
Advertisement

Hormon

Hormon ini disampaikan di seluruh darah, dari kelenjar endokrin ke jaringan. Kelenjar pituitari menggantung di bagian bawah otak, dan sekecil kerikil. Ini adalah bagian tubuh yang sangat penting karena organ berukuran kerikil ini menghasilkan hormon.
Sistem hormon adalah sistem yang bekerja dengan otak dan saraf kita. Ini mengontrol bagaimana kita tumbuh, ketika kita lapar, suhu tubuh kita, dan banyak lagi. Hormon yang dilepaskan dalam jumlah kecil dan besar. Seperti pada malam hari Anda tumbuh lebih cepat karena lebih banyak hormon dilepaskan dalam darah kita saat Anda sedang tidur. Kadar hormon dipengaruhi oleh stres, infeksi, atau perubahan tubuh. Salah satu jenis tertentu dari hormon adalah hormon pertumbuhan. Ini mengontrol pertumbuhan tulang dan jaringan tubuh dan mengurus nutrisi dan mineral tubuh. Banyak orang memiliki hormon pada usia remaja dan juga ketika Anda dewasa!

Bagaimana cara kerjanya

Sistem endokrin adalah salah satu sistem utama tubuh untuk berkomunikasi, mengendalikan dan mengkoordinasikan pekerjaan tubuh.
Sistem endokrin memberitahu sel-sel Anda ke mana harus pergi. Itu hal yang baik! Tanpa kelenjar endokrin, dan hormon yang dilepaskan, sel-sel Anda tidak akan tahu kapan harus melakukan hal-hal penting seperti membantu melawan penyakit. Sebagai contoh, tubuh Anda tidak akan tahu kapan harus lebih besar atau pergi melalui pubertas, jadi pekerjaan sistem endokrin adalah ‘untuk memastikan itu terjadi. Hormon dari organ endokrin dikirim langsung ke dalam aliran darah, di mana protein khusus yang biasanya melekat pada mereka, membantu hormon untuk tetap bersatu saat mereka melakukan perjalanan ke seluruh tubuh. Protein memiliki fungsi lain, karena mereka bertindak sebagai reservoir, sehingga hanya sebagian kecil dari hormon dalam aliran darah untuk mempengaruhi jaringan target. Protein khusus dalam jaringan target, yang disebut reseptor, bergabung bersama dengan hormon dalam aliran darah, menyebabkan perubahan kimia dalam menanggapi kebutuhan tubuh. Biasanya, hormon hanya dalam konsentrasi kecil yang diperlukan untuk mencapai efek yang diinginkan. Sistem endokrin adalah sangat penting untuk tubuh kita! Anda mungkin dari tidak pernah dari mengetahui hal ini tetapi sistem ini memberitahu Anda dan mana arah yang sel-sel Anda pergi!
Cara kerjanya dengan sistem lain (setidaknya 3 sistem yang berbeda)
Sistem endokrin terutama bekerja dengan sistem saraf untuk mengontrol pertumbuhan dan pematangan bersama dengan homeostasis, pengembangan, dan reproduksi. Mereka terkait dalam 3 bidang utama: struktur, kimia, dan fungsi. Ia juga bekerja dengan sistem ekskresi karena terdiri dari kelenjar yang membuang limbah berbahaya dalam tubuh. Sistem sirkulasi adalah sistem transportasi untuk informasi endokrin, sehingga banyak juga bekerja dengan sistem peredaran darah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik