Entri Populer

hypnodontia

Written By iqbal_editing on Selasa, 13 Desember 2016 | 21.00

Hypnodontia merupakan salah satu cabang ilmu kedokteran gigi yang mengutamakan pengontrolan sugesti dan juga komunikasi terapeutik hipnotik di dalam praktik kedokteran gigi. Hypnodontia juga dapat diartikan sebagai gabungan antara ilmu kedokteran gigi dengan hipnosis. Terminologi hypnodontia pertama kali tercatat pada tahun 1948. Pada sejarah perkembangannya, aplikasi hipnosis di bidang kedokteran gigi kurang begitu pesat bila dibandingkan dengan perkembangan hipnosis pada kedokteran umum dan psikologi.
Metode hypnodontia ini bisa dijadikan solusi yang tepat bagi orang yang takut pergi ke dokter gigi. Karena bentuk ketakutan tiap orang tentang pergi ke dokter gigi berbeda-beda, mulai dari takut dengan peralatan kedokteran gigi, adanya trauma karena memiliki pengalaman tidak menyenangkan dengan dokter gigi, dan juga rasa cemas serta kekhawatiran yang berlebihan.
Hypnodontia dapat digunakan untuk membuat pasien tenang dan merasa nyaman pada saat pemeriksaan dan juga pengobatan pada gigi dilakukan. Sehingga proses pemeriksaan dan pengobatan dapat berjalan lebih lancar. Hypnodontia juga dapat digunakan untuk menghilangkan kebiasaan buruk yang dapat berakibat pada rusaknya gigi, seperti mengerat gigi pada saat tidur (bruxism). Ini berarti hypnodontia juga efektif digunakan untuk menjadi salah satu metode terapi mental yang berhubungan dengan kesehatan gigi dan mulut.
Dalam hypnodontia, komunikasi terapeutik yang dikenal efektif dalam membantu proses pengobatan dan penyembuhan dikombinasikan dengan pola bahasa hipnotik yang dikenal dapat menjadi suatu nilai permanen bagi pikiran bawah sadar manusia, oleh karenanya hypnodontia dapat meningkatkan pola komunikasi yang “menyembuhkan” bagi para dokter gigi yang mempelajarinya.
Salah satu teknik yang dapat digunakan dalam hypnodontia adalah mental anesthesi atau yang biasa dikenal dengan hypnoanesthesi. Teknik ini digunakan untuk menghilangkan sensasi sakit/nyeri pada pasien ketika sedang dilakukan pemeriksaan ataupun pengobatan pada mulut dan gigi.
Hypnodontia selain diaplikasikan untuk pasien dewasa, juga dapat diaplikasikan pada anak-anak yang akan periksa dan juga berobat pada dokter gigi. Karena kebanyakan anak juga mengalami ketakutan dan juga ketegangan bila akan berkunjung ke dokter gigi.
003/DH

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik