Entri Populer

pengertian,katarestik dan fungsi limpa

Written By iqbal_editing on Selasa, 20 Desember 2016 | 17.48

Limpa adalah organ, seukuran kepalan tangan, ditemukan dalam perut manusia. Fungsi limpa sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh dan memberikan kontribusi untuk produksi dan penyimpanan sel darah sebagai bagian dari sistem peredaran darah.
Meskipun limpa adalah organ penting, tetapi tidak penting bagi kelangsungan hidup manusia.

Fungsi Limpa

Sebagian besar fungsi limpa yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh atau suplai darah. Limpa menghilangkan sel darah merah tua, yang disebut eritrosit, dari suplai darah dan menghilangkan, menyimpan dan menghasilkan limfosit sel darah putih. Limfosit yang disimpan menghasilkan antibodi dan membantu dalam menghilangkan mikroba dan sampah lainnya dari suplai darah.
  • Mengatur transportasi cairan dan pengolahan makanan (mengangkut kelebihan air dari jaringan kembali ke darah) adalah salah satu fungsi limpa.  Cairan yang masih bermanfaat dan tidak berguna dipisahkan oleh limpa.
  • Pengendalian darah agar tetap berjalan sebagaimana mestinya dalam pembuluh darah  dan tidak terjadi pendarahan.
  • Limpa mengektrasi nutrisi dari makanan dan mengangkutnya ke bagian tubuh lainnya termasuk otot, menjamin kekuatan dan pengembangan otot serta  anggota gerak, maka kuat lemahnya anggota gerak mencerminkan kuat lemahnya organ limpa.
  • Pada janin sel-sel darah merah dibentuk pada limpa
  • Memisahkan sel darah merah yang sudah usang.
  • Menghasilkan limposit (sejenis sel darah putih) bagian penting dari sistem kekebalan tubuh (limposit-B dibentuk di sumsum tulang sebagai anti bodi dan limposit-T dibentuk di kelenjar getah bening dan limpa yang diprogram untuk memerangin antigen tertentu) — fungsi pertahanan dan anti bodi.
  • Diduga menghancurkan leukosit dan trombosit.
  • Penyerapan lemak dari usus kecil ke pembuluh getah bening usus.
  • Penyimpanan dan pemecahan sel darah merah dalam limpa.

Karakteristik Limpa

Limpa adalah organ lembut, gelap-ungu yang ditemukan di bagian atas-kiri perut. Terletak antara perut dan diafragma di bawah tulang rusuk, limpa memiliki ukuran rata-rata dari 12 cm, tinggi 7 cm dan 4 cm. Berat dan ukuran limpa agak berbeda dalam kehidupan, dan dapat seberat 100-250 g pada orang dewasa.

Fitur Limpa

Limpa terdiri dari dua jenis jaringan: pulpa putih dan pulpa merah. Pulpa putih limpa berpartisipasi dalam sistem kekebalan tubuh dengan memproduksi limfosit. Pulpa merah bertindak sebagai filter dan waduk untuk darah. Karena fungsinya dalam sistem kekebalan tubuh dan peredaran darah, limpa dikelilingi oleh banyak pembuluh darah dan getah bening.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik