Entri Populer

skintografi

Written By iqbal_editing on Kamis, 01 Desember 2016 | 07.10

SKINTIGRAFI ADALAH

Skintigrafi adalah suatu teknik pemeriksaan organ tubuh menggunakan bahan radioaktif dan kamera gamma. Pada pemeriksaan ini, bahan radioaktif disuntikkan ke dalam pembuluh darah. Bahan tersebut akan menyebar ke seluruh tubuh dan berkonsentrasi pada organ target yang akan diperiksa. Dengan menggunakan kamera gamma, yaitu kamera yang dapat mendeteksi bahan radioaktif, organ target difoto. Hasil foto kemudian dianalisis untuk menentukan apakah organ masih normal atau mengalami kelainan.
Bahan radioaktif yang digunakan berbeda-beda, disesuaikan dengan karakteristik organ target. Jika organ target adalah kelenjar tiroid misalnya, maka bahan yang digunakan adalah iodium radioaktif. Bahan ini ditangkap lebih baik oleh kelenjar tiroid.

FUNGSI

Fungsi skintigrafi adalah memperoleh gambaran dari organ  tubuh. Berbeda dengan foto rontgen biasa yang hanya memberikan gambaran bentuk organ, skintigrafi selain memberikan gambaran bentuk, juga memberi informasi mengenai fungsi organ yang bersangkutan.
Organ tubuh yang dapat diperiksa dengan skintigrafi antara lain adalah:
  1. Tulang
    Skintigrafi tulang berguna untuk menilai apakah ada keretakan tulang, tumor tulang, dll.
  2. Jantung
    Skintigrafi jantung berguna untuk menilai apakah sel otot jantung masih berfungsi normal atau ada yang sudah mati. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan jika ada riwayat serangan jantung koroner.
  3. Payudara
    Skintigrafi payudara berguna untuk menentukan apakah ada tumor atau kanker pada payudara.
  4. Ginjal
    Skintigrafi ginjal berguna untuk menilai apakah di ginjal ada tumor, batu, penyempitan pembuluh darah, dll.
  5. Paru-paru
    Skintigrafi paru-paru berguna untuk memeriksa apakah di paru-paru terdapat tumor,  kanker, atau sumbatan di pembuluh darah paru-paru.
  6. Otak
    Skintigrafi otak berguna untuk menilai aliran darah otak dan keadaan sel-sel otak. Biasanya dilakukan jika ada riwayat stroke.
  7. Kelenjar tiroid
    Skintigrafi tiroid berguna untuk menilai fungsi kelenjar tiroid apakah masih normal, kurang, atau berlebihan. Selain itu, pemeriksaan ini juga dapat melihat seandainya ada tumor atau kanker pada kelenjar.
  8. Kandung empedu
    Skintigrafi kandung empedu berguna untuk mengetahui apakah ada sumbatan oleh batu empedu, tumor, atau jaringan lainnya, atau apakah ada kebocoran saluran empedu.
  9. Saluran cerna
    Skintigrafi saluran cerna berguna untuk melihat keadaan lambung dan usus, serta fungsi klep-klep lambung.

HAL TERKAIT

Persiapan umum sebelum pemeriksaan antara lain adalah melepas perhiasan yang terbuat dari logam, misalnya anting, kalung, gelang, jam tangan, dan sebagainya.
Sedangkan persiapan khusus, tergantung dari jenis skintigrafinya.
  • Untuk skintigrafi tiroid, obat-obat tertentu dan bahan-bahan yang mengandung yodium harus dihindari;
  • Untuk skintigrafi ginjal, dianjurkan pasien makan terlebih dahulu, karena lambung yang kosong akan mengganggu pemeriksaan;
  • Untuk skintigrafi saluran cerna, penderita diminta puasa 6 – 12 jam sebelum pemeriksaan;
  • Untuk skintigrafi jantung, pasien diminta makan sedikit coklat agar kandung empedu kosong sehingga tidak mengganggu pemeriksaan;
  • Untuk skintigrafi paru-paru dan tulang, biasanya tidak ada persiapan khusus.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik