Entri Populer

syndrome QT

Written By iqbal_editing on Kamis, 22 Desember 2016 | 22.29

Definisi

Apa itu long qt syndrome?

Long QT syndrome adalah penyakit jantung ketika sistem elektrik jantung menjadi abnormal. Dalam long QT syndrome, myocardial membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk mengisi ulang di antara denyut jantung. Penyakit ini mengganggu arus listrik di dalam jantung dan dapat sering terlihat di electrocardiogram (ECG) melalui interval berkepanjangan di antara gelombang Q dan T. Sindrom ini mengakibatkan tidak teraturnya detak jantung (arrythmia) dan dapat mematikan.
Gejala long QT syndrome, penyebab long QT syndrome, dan obat long QT syndrome akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Seberapa umumkah long qt syndrome?

Long QT syndrome terjadi pada anak‐anak maupun remaja. Penyakit ini biasanya bermula pada usia antara 8‐20 tahun. Sindrom ini muncul pada 1 dari 5000 orang. Anda bisa mengurangi peluang terkena penyakit ini dengan mengurangi faktor risiko. Konsultasi dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala long qt syndrome?

Tanda dan gejala long QT syndrome sering terkait dengan gangguan ritme jantung dan termasuk:
  • Pingsan mendadak: Gejala ini muncul karena jantung tidak cukup memompa darah menuju otak. Pingsan biasanya menyerang ketika mengalami stres fisik atau emosional.
  • Tenggelam saat berenang: penyebabnya adalah kehilangan kesadaran secara tiba‐tiba
  • Serangan jantung mendadak: Gejala ini mungkin dapat merenggut nyawa pasien dalam hitungan menit jika tidak mendapatkan perawatan secepatnya. Ini adalah gejala awal pada 1 dari 10 pasien dengan long QT syndrome.
Gejala lainnya adalah:
  • Jantung terus berdetak sangat cepat;
  • Nafas pendek selama tidur karena detak jantung tidak teratur;
  • Kejang‐kejang.
Terkadang long QT syndrome tidak ada tanda atau gejalanya. Maka, dokter sering menyarankan agar keluarga pasien dengan long QT syndrome diperiksa walaupun tidak ada satupun gejala untuk mencegah penyakit. Mungkin masih ada gejala lain yang tidak tercantum. Jika ada pertanyaan tentang tanda‐tanda penyakit, konsultasi dengan dokter.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda harus menemui dokter sesegera mungkin jika Anda tiba‐tiba pingsan selama bekerja, terlalu antusias atau setelah minum obat‐obatan baru. Anda juga wajib periksa apakah Anda sudah lima menderita long QT syndrome kalau ada anggota keluarga yang sakit.

Penyebab

Apa penyebab long qt syndrome?

Long QT syndrome mungkin adalah penyakit turunan, yang penyebabnya adalah proses mutasi genetik pada sistem arus listrik jantung. Setidaknya 12 gen dan ratusan mutasi gen yang teridentifikasi terkait dengan long QT syndrome.Selain itu, long QT syndrome mungkin juga disebabkan oleh obat‐obatan tertentu seperti quindine, procainamide, disopyramide, amiodarone, sotalol, obat antidepresi, antipsikotik, beberapa obat alergi, serta antibiotik macam erythromycin yang dicampur dengan fungisida ketoconazole. Orang dengan long QT syndrome mungkingenetik pada struktur jantung dan detak jantung melambat.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk long qt syndrome?

Faktor‐faktor ini mungkin meningkatkan risiko long QT syndrome, yaitu:
  • Anak kecil, remaja, orang dewasa muda yang pingsan, nyaris tenggelam atau mengalami kecelakaan, kejang‐kejang atau dengan riwayat serangan jantung.
  • Kerabat atau anggota keluarga orang dengan long QT syndrome.
  • Efek samping obat.
  • Orang yang memiliki level kalium, magnesium, kalsium yang tinggi, serta tekanan darah rendah atau anoreksia.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk long qt syndrome?

Pasien mungkin tidak memerlukan pengobatan jika gejala tidak muncul atau tidak ada anggota keluarga yang tiba‐tiba meninggal. Namun, mereka harus menghindari olahraga berat, latihan berlebihan dan obat‐obatan yang berpotensi menyebabkan long QT syndrome.
Jika gejala arrhythmia telah muncul atau memiliki anggota keluarga yang mendadak meninggal, dokter akan mengobati Anda dengan cara di bawah ini:
Obat­obatan
Dokter akan mengobati pasien dengan penghambat beta (beta‐blocker) untuk mengontrol ritme jantung. Dokter mungkin juga menggunakan penghambat saluran sodium, misalnya mexiletine untuk mengurangi aktivitas saluran ion sodium. Obat dari dokter tidak bisa menyembuhkan long QT syndrome, tapi dokter akan memberikan obat untuk mengendalikan ritme jantung yang tidak normal. Penghambat beta bisa digunakan dalam jangka panjang.
Peralatan medis
Alat pacu jantung dan defibrilator adalah alat berukuran kecil yang membantu mengontrol ritme jantung yang abnormal. Kedua alat ini akan menggunakan arus listrik untuk memulihkan ritme jantung seperti semula ketika jantung mulai berfungsi secara abnormal. Alat pacu jantung dan defibrilator akan dipasang di dalam dada atau perut melalui operasi kecil.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk long qt syndrome?

Long QT syndrome dapat terdiagnosis melalui:
  • Electrocardiogram: Ini adalah tes sederhana yang mendeteksi dan merekam aktivitas listrik jantung. Tes ini bisa membantu dokter melihat periode di antara gelombang Q dan T serta tanda long QT syndrome lainnya. Namun, QT mungkin berubah seiring waktu. Karena itulah, pasien mungkin harus diawasi dengan ECG selama beberapa hari atau minggu.
  • Meninjau ulang riwayat pengobatan dan pemeriksaan fisik: dokter mungkin bertanya tentang gejala dan pengobatan sebelumnya untuk mendiagnosis dan menemukan penyebabnya.
  • Hasil tes genetik: mampu membantu dokter mendeteksi faktor genetik long QT syndrome.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi long qt syndrome?

Gaya hidup dan pengobatan rumahan di bawah ini mungkin dapat membantu mengatasi long QT syndrome:
  •  Sindrom ini mungkin turunan. Segera beritahu ahli kesehatan tentang riwayat penyakit dan kematian dini keluarga.
  • Konsultasi dengan ahli atau anggota keluarga lainnya untuk mendapat dukungan.
  • Dokter dan kardiologis, spesialis konseling genetik, psikiatris atau psikolog dapat membantu Anda.
  • Jangan memaksakan diri dan selalu siap secara mental agar tidak terlampau emosional. Ini adalah faktor yang mungkin memicu gejala arrhythmia.
  • Beritahu situasi kepada orang‐orang di sekitar ketika mengalami gejalanya.
  • Pelajari gejala penyakit untuk mengetahui cara mencegahnya.
Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.
Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik