Entri Populer

hubungan antara diabetes dan hipertensi

Written By iqbal_editing on Senin, 02 Januari 2017 | 16.34

Diabetes dan tekanan darah tinggi adalah penyakit yang berhubungan erat. Kedua kondisi ini terjadi bersama-sama sehingga sering dianggap sebagai “komorbiditas”, penyakit yang mungkin muncul pada pasien yang sama. Sayangnya, diabetes menyebabkan sulitnya mengobati tekanan darah tinggi, dan tekanan darah tinggi membuat diabetes bahkan lebih berbahaya.
Mengapa diabetes dan hipertensi biasa terjadi bersamaan? Ada beberapa alasan dua kondisi ini sering terjadi bersamaan.

Diabetes dan hipertensi memiliki sifat-sifat fisiologis yang sama

Diabetes dan tekanan darah tinggi cenderung terjadi bersamaan karena mereka memiliki ciri-ciri fisiologis tertentu, yaitu, efek yang disebabkan oleh masing-masing penyakit cenderung membuat penyakit lain lebih mungkin terjadi. Dalam kasus diabetes dan tekanan darah tinggi, efek ini meliputi:
  • Peningkatan volume cairan – diabetes meningkatkan jumlah total cairan dalam tubuh, yang cenderung meningkatkan tekanan darah
  • Peningkatan  kekakuan arteri – diabetes dapat menurunkan kemampuan pembuluh darah untuk meregang, meningkatkan tekanan darah rata-rata
  • Gangguan  penanganan insulin – perubahan dalam cara tubuh memproduksi dan menangani insulin dapat langsung menyebabkan peningkatan tekanan darah

Diabetes dan tekanan darah tinggi memiliki faktor pemicu yang sama

Diabetes dan tekanan darah tinggi cenderung memiliki banyak faktor pemicu risiko. Risiko untuk terjadinya tekanan darah tinggi juga berkontribusi terhadap perkembangan diabetes. Diet tinggi lemak yang kaya garam dan gula yang diproses menempatkan beban lebih pada aktivitas produksi enzim dan sistem kardiovaskular. Rendahnya tingkat aktivitas fisik menurunkan efisiensi insulin dan menyebabkan arteri kaku dan respon sistem kardiovaskular yang buruk. Kelebihan berat badan memiliki konsekuensi yang sama dan merupakan faktor risiko yang kuat untuk baik diabetes maupun tekanan darah tinggi.
Strategi pencegahan untuk tekanan darah tinggi dan diabetes biasanya fokus pada faktor-faktor risiko tertentu.

Diabetes dan tekanan darah tinggi mempengaruhi pasien yang sama

Sama seperti tingkat faktor risikonya, penderita penyakit tertentu dapat dipengaruhi oleh faktor risiko salah satu dari kedua kondisi ini. Diabetes dan tekanan darah tinggi dapat dianggap sebagai penyakit yang “berbagi pasien”- masing-masing penyakit cenderung mempengaruhi pasien yang sudah berisiko untuk kondisi yang lain. Hal ini mirip dengan konsep faktor risiko yang sama.
Sebagai contoh saat ini, data telah menunjukkan bahwa orang yang merokok lebih dari satu bungkus rokok sehari lebih mungkin untuk minum minuman beralkohol dibanding mereka yang tidak merokok. Benda “rokok” dan “alkohol” tidak memiliki kesamaan, namun aktivitas “merokok” dan “minum alkohol” memiliki kesamaan. Demikian juga, orang-orang yang terlibat dalam gaya hidup yang menyebabkan diabetes juga cenderung mengikuti pola yang menempatkan mereka pada risiko tekanan darah tinggi.

Diabetes dan tekanan darah tinggi dapat memperparah dengan sendirinya

Pasien dengan diabetes mengalami peningkatan gula darah dibandingkan dengan pasien tanpa diabetes. Kelebihan gula ini memiliki banyak konsekuensi, termasuk kerusakan pembuluh darah sensitif secara perlahan yang disebut kapiler. Kerusakan kapiler tertentu dalam ginjal merusak kemampuan tekanan darah mengatur ginjal, menyebabkan tekanan darah tinggi. Peningkatan tekanan darah ini menyebabkan perubahan kecil dalam aliran darah, yang mempengaruhi kapiler sensitif lainnya sehingga mengalami kerusakan tambahan.
Tekanan darah tinggi juga dapat mempengaruhi sekresi insulin dari pankreas, yang mengarah ke gula darah yang lebih tinggi. Dengan cara ini, kombinasi tekanan diabetes/darah tinggi adalah suatu sistem yang dapat memperparah kondisi itu sendiri yang menyebabkan kedua penyakit cenderung semakin memburuk dari waktu ke waktu.

Seberapa umum hipertensi pada penderita diabetes?

Data besar dari studi pada diabetes tipe 1 menunjukkan bahwa:
  • 5% dari pasien diabetes memiliki tekanan darah tinggi dalam 10 tahun
  • 33% memiliki tekanan darah tinggi dalam 20 tahun
  • 70% memiliki tekanan darah tinggi pada usia 40
Dalam penelitian diabetes tipe 2, data menunjukkan bahwa hampir 75% dari pasien dengan masalah ginjal (komplikasi umum) memiliki tekanan darah tinggi. Pada pasien dengan diabetes tipe 2 tapi yang tidak ada masalah ginjal, tingkat tekanan darah tinggi adalah sekitar 40%. Secara keseluruhan, jika dirata-ratakan untuk seluruh penderita diabetes dan semua rentang usia, sekitar 35% dari semua orang dengan diabetes memiliki tekanan darah tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik