Entri Populer

Waspada! Kelamaan Duduk di Sofa Bisa Picu Sakit Punggung

Written By iqbal_editing on Selasa, 12 September 2017 | 05.42

anpa kita sadari, masalah punggung yang sering dikeluhkan di zaman modern sekarang ini bisa dipicu oleh pilihan tempat duduk kita. Sofa yang nyaman ternyata tidak lebih ramah untuk tulang belakang kita dibanding tempat duduk yang keras.

dr Mahdian Nur Nasution, SpBS, dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang mengatakan bahwa aktivitas duduk sendiri bisa memicu masalah di tulang belakang atau punggung jika dilakukan dalam waktu lama. Apalagi jika ditambah dengan bentuk tempat duduk yang tidak ergonomis.


"Saat kita dalam posisi duduk, beban setengah tubuh kita akan membebani pinggang, termasuk tulang belakang bagian bawah. Apalagi kalau keasyikan duduk di sofa, sambil nonton di depan TV misalnya, itu kurang bagus untuk tulang punggung kita karena sofa tidak ergonomis," katanya, saat ditemui di Jakarta, Selasa (12/9/2017).

Sofa tidak ergonomis karena tidak sesuai bentuk tulang belakang. Akibatnya, menurut dr Mahdian, struktur tulang belakang bisa berubah jika digunakan terlalu lama sehingga memicu banyak masalah punggung.

"Yang bagus itu justru kursi yang keras. Itulah kenapa kalau kita lihat orang-orang di kampung, yang enggak punya sofa, jarang mengeluhkan sakit pinggang atau punggung. Kalau mau duduk ya di lantai, bale bambu, atau bangku batu yang keras," tambahnya.

Bagaimana dengan kursi kantor yang biasanya dipakai berjam-jam? Menurutnya, kursi yang baik untuk diduduki adalah yang beralas keras, memiliki sandaran kursi yang sesuai bentuk punggung. Yang paling penting juga adalah tahu cara duduk dan bisa mengontrol lama waktu duduk.

"Duduk sambil bersandar baik supaya beban tidak hanya jatuh di punggung. Lalu seberapa lama baiknya duduk di kursi? Patokannya masing-masing orang saja. Kalau sudah mulai merasakan pinggang atau pantat panas ya sebaiknya istirahat 10-15 menit," sarannya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik