Entri Populer

alasan mata gatal saat iritasi

Written By iqbal_editing on Selasa, 14 Maret 2017 | 15.57

Saat mata merah dan iritasi, sebagian orang kemudian akan menjadi risi karena sensasi gatal yang muncul. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Disampaikan oleh dokter spesialis mata di Jakarta Eye Center Kedoya, dr Florence M. Manurung, SpM, bahwa mata gatal atau konjungtivitis alergi umumnya diawali ketika pasien memiliki daya tahan tubuh yang rendah.

"Kemudian apabila ia terpapar oleh suatu alergen seperti debu, udara dingin, dan lain-lain, maka tubuh akan menghasilkan zat yang menyebabkan rasa gatal yaitu histamin. Ini sebabnya mata jadi gatal dan pasien menguceknya," ujar dr Florence kepada detikHealth, Senin (25/1/2016).

Seperti diketahui, padahal kebiasaan tersebut bukannya menyembuhkan tapi justru bisa membuat iritasi menjadi semakin parah. Salah satunya ketika mata menjadi merah akibat kelilipan debu.

Dikutip dari situs resmi University of Rochester Medical Center, mengucek mata terlalu keras dapat menarik debu ke kornea. Selain iritasi, debu juga dapat menggores kornea.

Nah, jika mata kelilipan debu atau benda asing, maka langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan banyak berkedip cepat. Cara ini sangat efektif untuk 'menyingkirkan' partikel tersebut.

Jika sudah banyak berkedip namun mata masih terasa gatal dan kelilipan, maka Anda bisa membersihkan mata dengan menggunakan kain atau tisu bersih. Jika benda yang membuat mata Anda adalah kotoran mata yang sudah mengering, maka sebaiknya Anda membersihkannya dengan menggunakan kain atau tisu yang dibasahkan dengan air.

"Kalau mata terkena benda asing atau kelilipan maka cara yang paling aman adalah dengan cara melakukan irigasi atau mengguyur benda asing di mata dengan air steril," pesan dr M. Nurdin Zuhri, SpM dari RS Universitas Airlangga.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik