Entri Populer

hubungan bintik kecil dan kegemukan

Written By iqbal_editing on Kamis, 23 Maret 2017 | 02.52

Bintil-bintil kecil di bagian tubuh tertentu alias skin tag memang tidak berbahaya tapi mengganggu kecantikan. Kondisi ini bisa muncul karena kegemukan dan gula darah tinggi.

"Penyebab pasti skin tag masih belum jelas. Umumnya berkaitan dengan kegemukan dan kadar gula darah yang tinggi," terang dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK dari DNI Skin Centre, dalam perbincangan dengan detikHealth.

Warna dan ukuran skin tag pada masing-masing orang berbeda-beda. Ukuran lebarnya dari beberapa milimeter saja sampai dengan sekitar 5 cm.



Serat kolagen dan pembuluh darah yang dikelilingi kulit merupakan pembentuk skin tag. Nah, kolagen merupakan sejenis protein yang ditemukan di seluruh tubuh.

Menurut pria yang akrab disapa dr Darma ini, skin tag umum ditemukan di daerah-daerah lipatan. Pada orang yang kegemukan, lipatan-lipatan tubuhnya lebih mudah bergesekan, sehingga diduga membuat skin tag lebih rentan muncul.

Sementara itu, ibu hamil juga bisa saja mengembangkan kondisi ini sebagai akibat dari perubahan hormon. Sedangkan beberapa orang lainnya mengembangkan skin tag tanpa alasan yang jelas.

"Skin tag dapat mengenai pria dan wanita, namun lebih banyak pada wanita dan juga pada usia tua," lanjut dr Darma.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik