Entri Populer

Ingat Ya Bu, Saat Menyusui Jangan Letakkan Kepala Bayi di Siku

Written By iqbal_editing on Jumat, 31 Maret 2017 | 06.24

Saat menyusui si kecil, seringkali tanpa disadari kepala bayi diletakkan di siku ibu. Padahal, posisi ini kurang tepat. Seharusnya, kepala bayi diletakkan di tengah lengan ibu.

Mengapa kepala bayi tidak diletakkan di siku? Sebab, ketika kepala bayi ditaruh di siku saat menyusu pada dasarnya kepala bayi berada jauh dari payudara. Akibatnya, secara otomatis ibu akan mengangkat lengannya demi mendekatkan kepala bayi, demikian disampaikan konselor laktasi dari Sentra Laktasi Indonesia (Selasi) dr Hikmah Kurniasari, MKM, CIMI.

"Kalau begitu kan capek. Atau, supaya kepala bayi dekat ke payudara, misalnya posisinya digendong di tangan kiri, maka badan bagian kanan akan menyorong ke depan. Akibatnya, bisa pegal," tutur dr Hikmah di sela-sela pembekalan Tim Pencerah Nusantara angkatan 5 di South Quarter Tower, Jakarta Selatan, Kamis (30/3/2017).



Dengan posisi seperti itu, bayi pun sulit memasukkan areola payudara ke mulutnya. Sementara, jika kepala bayi berada di lengan tengah, itu akan mendekatkan kepala bayi ke payudara ibu dan memudahkan ia memasukkan areola ke mulutnya.

Saat menyusui ingat pula bahwa yang berhadapan dengan puting adalah hidung bayi, bukan mulut. Jika hidung si kecil yang dihadapkan dengan puting, otomatis bayi akan mendongak supaya mulutnya bisa mengisap payudara. Dengan begitu, ada ruang bagi bayi untuk bernapas.

"Kalau mulut yang dihadapkan ke puting, bayi akan menunduk dan hidungnya tertutup payudara. Akhirnya, ibu megangin payudaranya supaya ada ruang bernapas untuk bayi. Padahal, itu bisa menghambat kelancaran keluarnya ASI," tambah dr Hikmah yang juga praktik di Tiga Generasi ini.

Hal lain yang penting diperhatikan yakni sebisa mungkin biarkan tangan bayi bergerak bebas, dalam artian tidak dibedong saat menyusui. Dengan begitu, tangan bayi secara tidak langsung bisa me-massage payudara ibu karena saat menyusu bayi otomatis akan memegangi payudara ibu

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik