Entri Populer

studi tes mata untuk deteksi gegar otak secara cepat

Written By iqbal_editing on Selasa, 21 Maret 2017 | 23.13

Risiko gegar otak pada atlet sangatlah besar, namun karena gejalanya muncul belakangan, kondisi ini kerapkali diabaikan.

Selain itu, ketika sudah terjadi, gegar otak juga sulit untuk didiagnosis. Bahkan menurut sejumlah dokter, banyak atlet yang enggan menjalani tes karena ini bisa berdampak pada karir mereka di bidang olahraga masing-masing.

Kondisi ini menginspirasi tim peneliti dari Australian National University untuk mengembangkan tes sederhana yang dapat mendeteksi adanya gegar otak. Tes ini sendiri berbentuk tes mata.

Menurut peneliti, hanya dengan mengukur respons atau perubahan pupil mata terhadap datangnya cahaya, maka ini bisa dipergunakan untuk mendeteksi gejala gegar otak pada seseorang.

Mengapa demikian? Ternyata sistem visual atau penglihatan memang sangat rentan terdampak oleh insiden gegar otak karena terkoneksi dengan hampir separuh sirkuit otak.

Baca juga: Hati-hati Kebiasaan Ini Rentan Bikin Pesepakbola Alami Kerusakan Otak

"Pasien tinggal menatap ke layar lalu di layar itu akan muncul serangkaian stimulus cahaya. Mereka bahkan tak menyadari ada stimulus tersebut," terang ketua tim peneliti, Rachel Jaros, seperti dilaporkan ABC Australia.

Kemudian ada dua kamera yang memiliki tugas khusus untuk mengukur respons pupil mata dari si pasien. Dari hasil itu dapat dipastikan apakah yang bersangkutan gegar otak betulan ataukah tidak. Selain praktis, hasilnya akan keluar hanya dalam hitungan beberapa menit saja.


Ke depan, peneliti ingin membuat mesin pendeteksi tersebut agar lebih portabel. Dan dalam waktu dekat, mereka juga ingin melakukan ujicoba dengan melibatkan atlet seperti sepakbola dan rugby yang baru-baru ini mengalami cedera kepala.

"Kami berniat mendatangi para atlet dan merekrut yang berusia di antara 18-28 tahun, seperti di liga rugby dan sepakbola," ujarnya.

Namun ini juga bukan perkara mudah bagi Jaros dan timnya

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik