Entri Populer

trik agar anak ga asyik sama gadget

Written By iqbal_editing on Rabu, 08 Maret 2017 | 22.12

Pembatasan pemakaian gadget anak memang kembali pada keputusan masing-masing orang tua. Tapi, jika Ayah dan Ibu bingun trik apa ya yang bisa digunakan untuk melakukan pembatasan pemakaian gadget, tak ada salahnya mencontek trik yang dilakukan para selebriti ini.

Dirangkum detikHealth, berikut ini trik-trik yang digunakan para selebriti untuk membatasi pemakaian gadget buah hatinya. Yuk simak.

1. 'Didagangin'

Memperdagangkan gadget dilakukan oleh artis Meisya Siregar dan Bebi Romeo kepada dua putrinya Lyrics Syabila Mu' Saqeena (11) dan Song Louisa Mu' Khadijah (6).
Biasanya, Meisya akan memperdagangan pemakaian gadget. Misalkan saat Loui hendak main gadget maka Mesiya bertanya lebih dulu Loui sudah pintar apa. Ketika dia berkata sudah pintar mandi dan makan, Meisya membolehkan Loui bermain gadget selama satu jam.
"Tapi harus janji bener-bener pakai satu jam. Kalau dia nggak komit, aku tarik dan memang lebih keras aku bilang mending iPadnya dijual aja, nggak boleh minjem-minjem iPhone atau iPad bunda lagi," tutur Meisya.
"Tapi kalo kebablasan aku stop terus suruh mereka main di luar misal main sepeda atau berenang. Karena anakku dua-duanya aktif, disuruh yoga kurang pas ya. Mereka tuh sukanya lari-lari, main sepeda, berenang lebih happy. Syabila juga sekarang suka ice skating," papar Meisya.

2. Diatur pemakaian gadgetnya

Putri Rian D'Masiv, Ralia juga senang bermain gadget selain ia pun hobi bermain real life game seperti masak-masakan. Nah, Rian mengatakan Ralia senang melakukan permainan mewarnai dan merawat tanaman. Ia juga kerap menyaksikan video di Youtube dan diakui Rian, lewat gadget-lah Ralia bisa belajar bahasa Inggris, misalnya berhitung dan alphabet.
"Tapi saat membolehkan anak main gadget, kita juga mesti bijaksana. Kita harus atur, apa video yang mau diputar, sudah kita siapkan. Intinya tetap ada pengawasan. Jamnya juga nggak sampai seharian. Setidaknya setengah jam kemudian kita ambil gadgetnya jadi dia kan bisa bermain yang lain," terang Rian.

3. Kedepankan komunikasi dan kompromi

Aktor Indra Birowo dan sang istri, Noella atau akrab disapa Ui membatasi penggunaan gadget pada kedua putranya, Arkananta Putra Birowo (10) dan Mahija Shafiq Birowo (5). Baik Arka atau Mahija hanya boleh main gadget di akhir pekan dengan durasi tak lebih dari 30 menit.
Menurut Indra, itu bisa dilakukan awalnya bagaimana komunikasi dirinya dengan anak. Caranya, Indra berusaha membuat sang anak nyaman dengan orang tuanya, tidak takut, hormat, dan terbiasa berkomunikasi serta mengungkapkan perasaannya. Ketika sudah ada komunikasi dan saling percaya, hanya dengan memberi arahan saja menurut Indra sang anak bisa mengerti dan tak lagi berlebihan main gadget.
"Misalnya paling gampang, pas anak saya kebanyakan main gadget saya bilang mata 'Papa lihat mata kamu twitching, itu nggak normal, berarti ada kesalahan. Temen kamu ada yang twitching juga?' terus kata dia nggak ada. Saya tanya lagi berarti gara-gara apa. Dia sendiri yang jawab terlalu banyak main gadget. Nah, berarti kan dia punya alasan, punya jawaban yang dia butuhkan jadi nggak skeadar dilarang," tutur pemain 'The Wedding & Bebek Betutu' ini.
Indra juga tak langsung menarik gadget ketika sang anak sedang asyik bermain. Sebab, ia lebih mengedepankan kompromi dan negosiasi sehingga didapat win-win solution


0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik