Entri Populer

7 kontak menyusui untuk bantu ibu lancarkan asi

Written By iqbal_editing on Minggu, 07 Mei 2017 | 18.03

Siapa sih ibu yang tak ingin lancar menyusui si kecil? Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencapai hal itu adalah dengan melakukan 7 kontak menyusui.

7 Kontak menyusui yaitu di mana ibu bisa bertemiu dengan tenaga kesehatan atau konselor laktasi sebanyak 7 kali. Sehingga, secara mental dan pengetahuan ibu sudah siap menyusui, demikian disampaikan konselor laktasi dari RSIA Bunda, dr Yolanda Safitri MPH(M).

"Kontak pertama, di trimester 2 kehamilan, kontak kedua di trimester tiga kehamilan. Kontak ketiga melalui IMD dan kontak keempat saat bayi usia 1-2 hari, masih dirawat di RS dan masih dievaluasi ibu sudah bisa belum menyusui dengan benar," terang dr Yola dalam 'Lactamil Mama Class' di RSIA Bunda, Jakarta, Sabtu (6/5/2017).

Baca juga: Adakah Dampak Jika Anak Sudah Diberi Sufor Lalu Diberi ASI?

Kontak kelima, saat kontrol pertama pasca melahirkan atau saat bayi usia 7 hari. Di sini, berat badan bayi juga dipantau. Nah, kontak keenam saat bayi berumur 35 hari dan kontak ketujuh saat bayi berumur 60 hari atau saat ibu mulai bekerja (jika ibu bekerja).

"Biasanya mulai muncul masalah di kontak ke-5 nih. Karena sampai kontak ke-4 kan ibu masih di RS ya. Masih ada suster yang membantu, masih diobservasi juga. Di kontak ke-5, ibu mulai capek, lemas. Tapi tetap, ibu mesti semangat, nikmati. Penting banget dukungan suami, keluarga, dan lingkungan sekitar supaya ibu nggak kecapekan dan stres ya," tambah dr Yola.

dr Yola mengingatkan jangan lupa pilih RS yang mendukung 10 langkah keberhasilan menyusui, di antaranya menerapkan rawat gabung dan pro ASI. Menurut dr Yola, rawat gabung penting karena 'melatih' ibu dengan siklus hidup si bayi. Sehingga, saat pulang ke rumah ibu tidak kaget dan stres.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik