Entri Populer

kandungan gizi dan manfaat bayam merah

Written By iqbal_editing on Selasa, 09 Mei 2017 | 15.54

Bayam Merah; Kandungan Gizi dan Manfaat



Sayur bayam selain yang sering anda lihat berwarna hijau tersebut juga memiliki jenis warna yang berbeda, yaitu bayam merah. Bayam atau blitul rubrum dapat tumbuh di daerah beriklim tropis maupun subtropics.
Pada awalnya orang mengenal dan melihat bayam itu seperti tanaman hias dengan macam-macam warna, yaitu ada yang merah dan hijau juga. Namun setelah dilakukan sebuah penelitian oleh para ahli ternyata kandungan gizi bayam merah dan hijau sangat banyak dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Bayam yang dikenal juga dengan orang-orang, nama asingnya yaitu Amaranthus spp memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi orang. Bayam dengan jenis A. Tricolor dan juga A. Hybridus paling banyak dibudidayakan. Kandungan gizi bayam merah dan hijau yang dimiliki ini ternyata dapat menyembuhkan dan mencegah berbagai macam penyakit, baik penyakit ringan sampai dengan penyakit paling berbahaya sekalipun.
Macam-macam penyakit yang bisa disembuhkan atau dicegah oleh konsumsi rutin bayam adalah anemia/ kurang darah merah, disentri, sakit mata, ginjal, kanker, dan lain-lain. Sayur bayam ini juga kaya akan serat dan vitamin sehingga bisa melancarkan pencernaan anda.
Kandungan Gizi Bayam Merah
Sama halnya dengan bayam biasa, bayam merah juga memiliki kandungan zat yang banyak didalamnya. Dalam setiap 100 gram bayam merah terdapat energy sebanyak 41,2 Kkal, protein sebanyak 2,2 gram, lemak sebanyak 0,8 gram, kalsium sebanyak 520 mg, karbohidrat sebanyak 6,3 gram, serat sebanyak 2,2 gram, vitamin C sebanyak 62 mg, serta zat besi sebanyak 7 mg.
Untuk itu mengkonsumsi bayam jenis ini sangat cocok untuk kehidupan sehari-hari.
Khasiat Bayam Merah
Secara umum bayam memiliki fungsi sebagai peningkat kerja ginjal dan melancarkan pencernaan. Apalagi dengan bayam merah, akar bayam ini tentu bias dimanfaatkan sebagai obat disentri. Dengan kandungan serat yang tinggi, bayam ini juga membantu melancarkan buang air besar. Selain itu daun bayam ini dapat dijadikan sebagai bahan infus karena mengandung 30% per oral yang bias meningkatkan kadar besi serum, hemoglobin serta mengurangi anemia. Tentu tidaklah rugi jika kita mengkonsumsi bayam apalagi jenis bayam yang berwarna merah.
Pemanfaatan Bayam Merah
Tidak hanya digunakan sebagai bahan masakan, namun bayam ini pun memiliki kegunaan yang begitu komplit. Dari daun hingga akarnya pun menghasilkan banyak manfaat. Daunnya bias digunakan sebagai bahan pembuat air infus, batang bayam juga bias digunakan sebagai obat disentrgi serta akar bayam merah digunakan sebagai obat anti malaria dan demam berdarah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik