Entri Populer

kkhasiat adas meredakan monopause

Written By iqbal_editing on Rabu, 17 Mei 2017 | 06.37

Penggunaan tanaman adas untuk memasak memang sudah lazim. Namun berdasarkan temuan terbaru, tanaman adas juga bisa digunakan untuk meredakan gejala pasca menopause yang dialami wanita.

Manfaat tanaman dengan nama latin Foeniculum vulgare Miller dibuktikan oleh sekelompok peeliti dari The North American Menopause Society (NAMS). Dengan mengonsumsi kapsul berisi 100 mg ekstrak adas, gejala pasca menopause seperti hot flush, susah tidur, hingga vagina kering dapat mereda.

Penelitian dilakukan kepada 79 perempuan asal Iran yang berusia 45 hingga 60 tahun. Mereka mengonsumsi kapsul berisi ekstrak tanaman adas selama empat, delapan dan sepuluh minggu.


Hasil penelitian menyebut konsumsi ekstrak tanaman adas mampu mengurangi kejadian hot flush, meningkatkan kualitas tidur hingga mengatasi vagina kering yang dialami wanita. Peneliti juga menyebut tidak ada efek samping yang ditemukan dengan mengonsumsi ekstrak tanaman adas.

Tanaman adas berasal dari daerah Mediterania dan Timur Tengah. Pemanfaatan tanaman adas di Indonesia sendiri sudah lazim dilakukan, terutama di daerah Jawa Tengah, sebagai komponen pembuatan minyak telon.

Minyak didapat dari menggiling biji adas. Melalui penelitian ini, diketahui minyak dari biji adas mengandung phytoestrogen, komponen kimia mirip hormon estrogen yang ada di dalam tubuh manusia.

Penggunaan tanaman adas sebagai obat herba sendiri sudah lazim dilakukan di Timur Tengah dan Mediterania. Tanaman adas diklaim mampu mengatasi masalah pencernaan hingga mengurangi nyeri haid.

"Dalam penelitian ini dibuktikan bahwa konsumsi tanaman adas yang mengandung phytoestrogen mampu meningkatkan kualitas hidup wanita paca mengalami menopause," tutur JoAnn Pinkerton dari NAMS.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik