Entri Populer

solusi badmood saat puasa

Written By iqbal_editing on Minggu, 28 Mei 2017 | 19.45

Stres lumrah terjadi dalam keseharian kita, tak terkecuali di bulan Ramadan. Tetapi masih saja ada yang bimbang bagaimana cara meredakannya.

Daripada pahala berpuasa berkurang karena marah-marah atau stres berkepanjangan, lebih baik olahraga ringan saja.

Sebuah penelitian terbaru dari University of Connecticut menyebut, keluar rumah lalu jalan-jalan santai di mal sudah mampu mengembalikan mood dan meredakan gejala depresi yang dirasakan seseorang.

Peneliti membuktikannya dengan mengamati 419 orang dewasa sehat yang dipakaikan accelerometer atau pengamat aktivitas fisik di tubuhnya selama empat hari. Kemudian partisipan juga diminta mengisi kuesioner tentang kondisi mental, tingkat depresi, dan tinggi rendahnya toleransi rasa sakit mereka.


Menariknya, peneliti juga mengatakan bahwa jalan santai seperti di mal jauh lebih efektif meredakan stres ketimbang jogging.

Menurut temuan peneliti, mereka yang meluangkan waktunya untuk jalan kaki barang sebentar setiap hari dilaporkan memiliki tingkat kesejahteraan psikis yang lebih baik. Sebaliknya, mereka yang kebanyakan duduk justru sering terlihat tidak bahagia.

Apalagi jika yang bersangkutan berkenan meningkatkan intensitas aktivitas fisiknya dari ringan ke sedang, sebab juga akan terjadi peningkatan kesejahteraan fisik yang lebih besar daripada yang mulanya hanya duduk-duduk saja lalu memperbanyak jalan kaki.

"Nyatanya kita tak butuh olahraga yang berat untuk melihat manfaatnya, karena justru yang berdampak langsung adalah aktivitas fisik dengan intensitas ringan maupun sedang seperti ini," kata peneliti, Gregory Panza seperti dilaporkan Health.com.

Tetapi jangan jadikan ini alasan untuk sering ke mal ya. Sebab demi menjaga kesehatan tubuh dan pikiran, yang ideal adalah berolahraga selama 30 menit saja setiap harinya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik