Entri Populer

ccara mengatasi perut kembung saat puasa

Written By iqbal_editing on Selasa, 20 Juni 2017 | 02.43

Perut kembung merupakan salah satu keluhan yang sering muncul saat puasa. Ini tentunya membuat gibadah puasa Anda menjadi terganggu.

Keluhan tersebut terjadi akibat penumpukan gas di saluran pencernaan, lantaran menelan udara (aerofagia) atau hasil pemecahan makanan. Meski tidak mendapat makanan, gas tersebut masuk ke saluran pencernaan saat berbicara.

Namun ada beberapa kiat yang bisa dicoba untuk menghindari perut kembung.

1. Hindari makanan yang meningkatkan produksi gas
Hindari makan makanan tinggi lemak, pedas, dan terlalu berbumbu. Sebab, makanan tersebut dapat meningkatkan produksi gas di saluran pencernaan saat sahur dan buka puasa

Bahan makanan lain yang dapat meningkatkan produksi gas yaitu kubis, brokoli, mentimun, dan semangka. Pilihlah makanan yang bisa mengurangi gejala kembung seperti nasi putih, roti, yogurt, dan apel.

2. Jangan makan terburu-buru
Makan dengan terburu-buru dapat meningkatkan risiko aerofagia dan membuat makanan tidak tercerna sempurna di mulut.

3. Hindari langsung berbaring setelah makan
Jangan langsung tidur setelah sahur. Beri jeda waktu 1–2 jam untuk memastikan makanan dicerna dengan baik.

4. Hindari konsumsi soda
Hindari minuman yang mengandung soda, kafein, dan makanan siap saji karena dapat menambah produksi gas. Makanan tersebut juga dapat memperburuk gejala perut kembung.

5. Minum cukup air putih
Minum air putih minimal delapan gelas sehari. Anda dapat membagi komposisinya menjadi dua gelas saat sahur, dua gelas saat buka puasa, dan empat gelas di antara buka puasa dan sahur.

6. Olahraga
Jangan lupa tetap menjaga kebugaran tubuh dengan melakukan aktivitas fisik atau olahraga ringan minimal tiga kali per minggu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik