Entri Populer

esksositosis

Written By iqbal_editing on Kamis, 22 Juni 2017 | 02.20

Aktor Hamish Daud saat ini diketahui tengah berada dalam perawatan rumah sakit. Dalam akun Instagramnya, @hamishdw, ia menceritakan bahwa dirinya baru saja menjalani operasi kecil pada telinga kiri akibat eksostosis. Apa itu?

Menurut dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorokan (THT) dari RS PHC Surabaya dan RS Petrokimia Gresik, dr Artono, SpTHT-KL(K), FICS, eksostosis telinga merupakan respons dari tubuh berupa kelainan pada liang telinga. Kelainan ini berupa pertumbuhan tulang abnormal pada kanal atau saluran telinga.

"Jadi lapisan tulangnya berpoliferasi begitu ya. Poliferasi itu kan pertumbuhan yang lebih cepat, makanya itu jadi membentuk lapisan baru. Seperti ada ada tonjolan di liang telinganya. Itu bisa terlihat kok dari luar lubang telinga," tutur dr Artono kepada detikHealth.

Baca juga: Kalau Telinga Kemasukan Air, Begini Cara Mengeluarkannya

Bukan merupakan penyakit yang langka atau berbahaya, menurut dr Artono kasus kejadian eksostosis telinga cukup banyak terjadi. Kebanyakan pasien eksostosis telinga datang berkunjung ke dokter THT dengan keluhan pendengaran yang berkurang.

"Tidak bahaya kok ini, tidak seperti tumor ganas. Ini termasuk ringan sampai sedang kasusnya, tidak bahaya. Cuma memang karena liang telinganya menyempit, makanya pendengaran pasien biasanya berangsur-angsur berkurang," imbuhnya.

Dikutip dari situs resmi California Ear Institute, ukuran diameter liang telinga yang normal biasanya adalah sekitar 5-8 mm atau kira-kira seukuran diameter pensil. Nah, ketika orang tersebut mengalami penyempitan liang telinga akibat eksostosis, maka diameter liangnya otomatis akan berkurang dan sedikit menutup.

Kondisi ini kemudian mengakibatkan penurunan pendengaran. Jika tak kunjung diobati, penutupan bisa terjadi terus-menerus dan semakin mengurangi pendengaran pasien. Disebutkan juga bahwa eksostosis yang tak diobati dapat membuat serumen atau ear wax dalam lubang telinga menjadi bertumpuk dan berisiko menimbulkan infeksi telinga.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik