Entri Populer

PENDAPAT DOKTER AHLI SOAL MALAS MEMBERSIHKAN WAJAH SAAT MUDIK

Written By iqbal_editing on Jumat, 23 Juni 2017 | 03.50

Perjalanan mudik bisa memerlukan waktu seharian atau lebih. Karena kondisi tersebut kadang beberapa orang merasa malas untuk membersihkan wajahnya, padahal hal itu tak boleh ditinggalkan lho.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dari RS Permata Depok, dr Galih Manggala, SpKK, menuturkan bahwa para pemudik, apalagi melewati jalur darat tentu akan selalu terpapar oleh polusi dan juga bakteri.

"Saat kita mudik itu, sebenarnya kita dihadapkan pada kondisi ekstrim. Karena terpapar polusi, terpapar germ atau bakteri," ucap dr Galih, sapaan akrabnya.



Nah, idealnya, menurut dr Galih membersihkan wajah dengan menggunakan pembersih berbahan dasar sabun dan pembersih berbahan dasar air. Pembersih berbahan dasar sabun efektif menghilangkan minyak di wajah. Sementara, pembersih berbahan dasar air dapat menghilangkan kotoran atau debu.

"Makanya kalau orang mau cuci muka tuh dua kali. Dia pakai sabun dulu, setelah itu pakai cleanser," kata dr Galih.

Lantas bagi mereka yang malas membersihkan wajah, adakah cara praktis bersihkan wajah saat mudik? "Kalau misalnya mau praktis sih sebenarnya nggak ada yang praktis. Mungkin bisa juga dibantu dengan acne face paper. Itu juga mengangkat minyak," ucap pria yang lahir 30 tahun silam.

Untuk membersihkan wajah, terutama bagi mereka yang berjerawat dan terbiasa menggunakan sabun yang berbahan alkali, dr Galih menyarankan tidak boleh lebih dari 3 kali.

"Tapi untuk membersihkan ya kita harus tetap di awal dan di akhir hari," tegasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik