Entri Populer

waspada stroke dan penyakit jantung pasca lebaran

Written By iqbal_editing on Selasa, 27 Juni 2017 | 15.21

, Pedangdut senior Hamdan ATT saat ini tengah dirawat di ruang Intensive Care Unit (ICU). Hamdan disebut mengalami serangan jantung dan ada pembuluh darah di kepalanya yang pecah.

Sang putri, Ais, mengatakan Hamdan dirawat karena terjatuh dan lemas saat akan mengambil air wudhu untuk sholat ashar. Beruntung, ada keluarga yang melihat Hamdan dan langsung menggotongnya untuk dibawa ke rumah sakit.



"Ini sih, tadi siang pas lagi mau ambil air wudu di kamar mandi kayak, dia mungkin ada serangan (jantung) apa gimana nggak ngerti. Tiba-tiba kayak lemas gitu," ungkap Ais, dikutip dari detikHot.

Libur lebaran memang merupakan momen yang tepat untuk berkumpul bersama sanak saudara di kampung halaman. Tentu saja, jamuan makan bersama keluarga besar merupakan agenda yang sangat dinanti-nanti.


Namun dr Tirza Gwendoline Matulessy, SpPD dari RS Evasari mengatakan makan bersama keluarga keluarga dapat memicu nafsu makan yang lebih besar. Hal ini mengakibatkan risiko kambuhnya penyakit tidak menular seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, hingga stroke dan penyakit jantung pun meningkat.

"Usia produktif paling banyak. Di-triggering makan enak, ya ini karena kebanyakan makan asin, nggak terkontrol dan mendadak naik tekanan darah dan kolesterolnya," ungkap dr Tirza beberapa waktu lalu.


Hal tersebut juga diakui oleh dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH. Menu makan berlemak dan banyak mengandung garam bisa memicu kekambuhan penyakit tidak menular. Kenali batasnya jika tidak ingin kondisi badan ngedrop karena penyakitnya kambuh.

"Pada minggu-minggu pertama setelah lebaran banyak pasien yang datang ke unit gawat darurat RS karena diare serta berbagai penyakit kronis yang mengalami kekambuhan hipertensi yang tidak terkontrol bahkan sampai stroke atau serangan jantung serta gula darah yang tidak terkontrol," kata dr Ari.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik