Entri Populer

Mengenali Gejala Depresi pada Orang dengan Kepribadian Tertutup

Written By iqbal_editing on Jumat, 21 Juli 2017 | 18.08

Seseorang dengan kepribadian introvert sering kesulitan untuk mengekspresikan mengenai perasaannya. Sehingga, apabila muncul gejala depresi mungkin saja kita tidak begitu menyadarinya.

Memang butuh kepekaan yang bagus untuk menyadarinya. Benny Prawira, SPsi, ketua komunitas pencegahan bunuh diri, Into The Light, membagikan tipsnya kepada detikHealth saat ditemui di Plaza Semanggi, Jakarta.

Menurutnya, sependiam apapun introvert pasti memiliki 1-2 teman terdekat yang bisa dipercaya untuk jadi tempat cerita. "Permasalahannya, ketika intensitasnya terlepas dari dia introvert atau ekstrovert dia tidak mau bergaul, intensitasnya menurun drastis. Jadi sama teman dekatnya pun dia tidak bisa dihubungi tiba-tiba," tuturnya.



Selain itu, pria yang menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia dalam 'Youth Advisory Board dari National Center for The Prevention of Youth Suicide' periode 2013-2014 tersebut menjelaskan biasanya ada perubahan lainnya yang dialami oleh pelaku. Seperti misalnya, penggunaan narkoba atau menjadi sering mabuk-mabukan.

Apabila Anda menemukan gejala ini pada orang terdekat, maka membantunya adalah hal yang harus dilakukan. Caranya bagaimana? "Berikan apa yang ia butuhkan. Kalau dia memang butuh dipeluk, peluk. Senyamannya dia aja," tutupnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik