Entri Populer

Mengintip Kehidupan Anak-anak Tunagrahita di Panti Sosial Kalideres

Written By iqbal_editing on Senin, 31 Juli 2017 | 07.20

Tunagrahita memang belum populer terdengar di telinga masyarakat luas. Apa itu tunagrahita? Yaitu keadaan keterbelakangan mental atau biasa disebut retardasi mental.

Penyandang tunagrahita biasanya memiliki IQ (Intelegence Quotient) di bawah rata-rata anak normal sehingga menyebabkan fungsi kecerdasan dan intelektualnya terganggu. Dan beberapa dari mereka juga dibarengi dengan keterbatasan fisik (cacat fisik).

Mirisnya, ternyata masih banyak anak-anak penyandang tunagrahita. Beberapa berada di Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih, Jl Peta Utara II, RT 02 RW 06, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat.


Staf layanan Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih, Asep (38) mengatakan bahwa terdapat 256 penyandang tunagrahita di panti tersebut. Rentang usianya dari 5-25 tahun.

"Mereka dari jalanan, yang kena Satpol PP. Ada juga yang ditinggal sama orangtuanya," ujar kepada detikHealth, Minggu (30/7/2017).


Lebih dari setengah anak-anak penyandang tunagrahita juga memiliki keterbatasan fisikLebih dari setengah anak-anak penyandang tunagrahita juga memiliki keterbatasan fisik (Foto: Wiwid/detikHealth)


Lebih dari setengahnya juga memiliki keterbatasan fisik (cacat fisik). "Nggak bisa jalan, kakinya kayak menciut dari lahir," imbuhnya.

Para penyandang tunagrahita ditampung dan dibina di panti sosial ini, selain itu mereka juga disekolahkan di sekolah luar biasa. Mereka juga diberi kebebasan untuk bermain dan berekreasi.

"Kita ajarkan sebisanya dia apa, kita ada sekolah SLB di belakang, yang bisa diajarin ya kita ajarin. Mereka untuk buang air ke kamar mandi saja sangat sulit," ungkap Asep.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik