Entri Populer

Awas Otot Robek! Ini Saran Dokter Bagi yang Sering 'Maksa' Saat Nge-Gym

Written By iqbal_editing on Sabtu, 19 Agustus 2017 | 16.30

Otot yang robek mungkin sering dianggap hal yang remeh ketika sedang melakukan gym. Bahkan, ada yang menyebutkan bahwa untuk membentuk otot saat gym robeknya otot adalah hal wajar demi mendapatkan otot yang lebih kuat.

dr Iman Widya Aminata, SpOT, dari RS Pondok Indah menuturkan bahwa ini adalah kesalahpahaman yang sering muncul bagi sebagian orang.

"Membentuk otot butuh waktu, kalau otot robek tapi terbentuk lagi, siapa yang tau robeknya fisiologis apa patologis," terangnya saat ditemui baru-baru ini.



Berdasar pengalamannya, banyak pasien yang datang kepadanya dalam mengeluh nyeri bahu yang hebat. Dan ketika diperiksa, keadaan ototnya sudah robek. Hal ini dikarenakan mereka terlalu melampaui kemampuan tubuh ketika sedang berolahraga.

"Kadang karena di-force sama trainernya. Sekarang ditanya, goalnya orang mau exercise itu apa? Mau healthy apa jadi body builder?" ungkap dokter lulusan Universitas Indonesia tersebut.

Menurutnya, ketika sedang melakukan olahraga, kunci yang harus diperhatikan adalah dengan melakukan olahraga yang sesuai dengan limit. Ketika tubuh mulai merasa sakit, itu adalah alarm dari tubuh untuk menghentikan kegiatan dan beristirahat

"Tubuh itu hebat, dia bisa cepat beradaptasi, tapi memang butuh waktu," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik