Entri Populer

Mirip Ketombe, Ini Ciri Kulit dengan Penyakit Autoimun Psoriasis

Written By iqbal_editing on Rabu, 16 Agustus 2017 | 18.02

Kerap muncul di kepala dengan sisik yang menebal dan bercak kemerahan, kondisi kulit dengan psoriasis persis seperti ketombe. Tapi apa ciri khas lain dari penyakit autoimun tersebut dibanding ketombe yang disebabkan oleh jamur?

Dijelaskan spesialis kulit, dr Danang Tri Wahyudi dari Rumah Sakit Kanker Dharmais, gejala psoriasis dengan ketombe dapat dibedakan dari berbagai penampakan.

"Ketombe memiliki sisik yang kecil dan warnanya lebih putih. Sementara kalau psoriasis lebar dan tebal, serta keperakan. Yang membedakannya lagi, sisik psoriasis kalau dikelupas ada bercak-bercak darahnya," jelasnya, saat ditemui dalam sebuah seminar di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (16/8/2017).

B

Bercak di kulit psoriasis juga kerap terasa gatal dan kering, tapi seringkali menyakitkan hingga pengidapnya merasa tidak nyaman. Lanjut dr Danang, luka dari bercak psoriasis susah sembuh dengan sempurna hingga memicu sisik luka yang berlapis.

"Selain itu, kalau ketombe hanya di kepala, bercak karena psoriasis bisa muncul di seluruh tubuh, seperti di siku lengan, lutut, tangan," lanjut dr Danang.

"Jika ditemui kondisi demikian dalam waktu lama, sebaiknya temui dokter spesialis kulit untuk mendapatkan diagnosa klinis yang akurat. Perlu diketahui, penyakit ini dapat diderita baik oleh laki-laki maupun perempuan dengan derajat keparahan yang beragam," pesannya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik