Entri Populer

Telinga Kemasukan Binatang, Apa yang Harus Dilakukan?

Written By iqbal_editing on Selasa, 22 Agustus 2017 | 04.50

Apakah Anda pernah merasakan ada binatang yang masuk ke dalam telinga? Apa yang akan Anda lakukan jika ada suatu binatang yang masuk ke dalam telinga?

Binatang-binatang kecil, seperti semut hingga jangkrik, memang mungkin saja masuk ke dalam telinga manusia, misalnya di saat sedang tidur atau mungkin bahkan d isaat sedang santai. Hal itulah yang dirasakan salah satu pasien dari dr Ayu Yuni Andini, dokter yang berpraktik di Klinik Cempaka Putih, Jl. Cempaka Putih Barat, Jakarta Pusat.

dr Ayu bercerita bahwa ia pernah menangani pasien yang telinganya kemasukan jangkrik berukuran 1 cm. Jangkrik yang ada di dalam telinga pasiennya itu ternyata sudah ada sejak 5 bulan yang lalu.

"Ia tahu bahwa telinga kirinya kemasukan binatang sejak lama. Namun karena dia takut, akhirnya dia baru berani ke dokter setelah 5 bulan kejadian itu," ujar dr Ayu saat dihubungi detikHealth, Kamis (13/2/2014).

dr Ayu yang saat itu sedang bertugas di sebuah rumah sakit di Tangerang, menjelaskan bahwa gejala awal yang dirasakan pasiennya itu adalah demam, sakit kepala, mual, dan nyeri di ulu hati. Selain itu, pasien pun merasakan sakit yang teramat sangat di telinganya.

"Akhirnya telinga pasien saya periksa dengan otoskop, dan ternyata memang benar, ada suatu benda berwarna hitam yang menutupi liang telinga tengahnya. Dan itu adalah jangkrik," tutur dr Ayu juga merupakan dokter di Rumah Sakit Asta Nugraha, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Karena saat itu ia sedang praktik di RS Ibu dan Anak, perlengkapan THT pun terbatas. dr Ayu memutuskan untuk mengatasinya dengan cara yang dilakukannya semasa coass.

"Saya menggunakan spoit 10cc dan abbocath. Butuh 3 kali semprotan untuk benar-benar membersihkan telinganya dari jangkrik tersebut. Semprotan pertama dan kedua saya gunakan untuk mengeluarkan jangkriknya yang memang sudah mati, dan yang ketiga untuk membersihkan semuanya sehingga tidak ada yang tersisa lagi," ungkap dr Ayu.

Ini adalah kedua kalinya dr Ayu menangani pasien yang telinganya kemasukan benda asing, walaupun yang sebelumnya bukanlah binatang. Menurut dr Ayu, kemasukan benda asing di telinga memang tidak sampai menyebabkan gangguan pendengaran secara total, namun tetap saja berbahaya. dr Ayu bersyukur bahwa jangkrik yang mengendap selama 5 bulan di telinga pasiennya tidak sampai menginfeksi lebih parah.

Lantas apa pertolongan pertama yang harus dilakukan saat telinga kemasukan binatang atau benda asing lainnya?

"Anda bisa melakukan seperti yang dilakukan pasien saya itu, yaitu menetesi telinga Anda dengan air garam," ujar dr Ayu.

Walau begitu, dr Ayu menekankan untuk segera mendatangi dokter spesialis THT apabila merasakan sakit di telinga, karena hal itu bisa saja disebabkan adanya binatang yang masuk di dalam telinga.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik