Entri Populer

Sering Tersenyum Bisa Bikin Kulit Cepat Keriput? Ini Faktanya

Written By iqbal_editing on Minggu, 03 September 2017 | 21.07

Seringkali ada orang yang mengatakan bahwa cemberut atau tersenyum terlalu sering dapat membuat kulit wajah menjadi cepat keriput. Mitos atau fakta?

Menutut pakar kesehatan kulit dari Memorial Sloan Kettering Cancer Center, dr Anthony Rossi, aktivitas di sekitar wajah seperti berbicara, cemberut atau tersenyum, sudah pasti akan membentuk sebuah alur pada kulit dan otot-otot wajah.

Nah, saat tersenyum lipatan yang sering terbentuk disebut juga dengan lipatan nasolabial. Lipatan yang terbentuk dari sisi samping hidung dan mengarah ke sudut bibir ini jelas tampak ketika seseorang sedang tersenyum. Seiring bertambahnya usia, lipatan ini akan semakin jelas terlihat.

Namun bukan berarti dengan banyak tersenyum lantas kulit akan menjadi cepat keriput. Proses ini terjadi bukan semata-mata karena hobi tersenyum, tapi juga karena faktor lain. Salah satunya penurunan kolagen dan elastisitas kulit berkurang seiring proses penuaan.

dr Rossi menyebut perubahan biologis yang memengaruhi kesehatan kulit seseorang sebagai 'penuaan intrinsik'. Kondisi ini termasuk juga kerusakan pada struktur yang mendasari kulit karena kehilangan lemak dan atrofi otot. Meskipun hal ini sebenarnya bersifat alami dan di luar kendali, pakar kesehata kulit lainnya, Marc Glashofer mengungkapkan ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

"Kontrol paparan radiasi ultraviolet dari sinar matahari. Ini adalah penyebab nomor satu keriput. Semakin banyak sinar matahari yang diserap kulit, semakin banyak jaringan ikat yang rusak, sehingga kulit akan menjadi lebih cepat berkurang sifat elastisnya," pungkas Glashofer, seperti dikutip dari berbagai sumber pada Jumat (23/1/2015).

Untuk itu, Glashofer dan dr Rossi merekomendasikan penggunaan sehari-hari tabir surya atau sunscreen. Selain itu, penting juga untuk selalu menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik, yang dimulai dengan minum banyak air.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik