Entri Populer

Suntik Lebih Populer daripada Pil untuk Obati Radang Sendi Lutut

Written By iqbal_editing on Minggu, 03 September 2017 | 04.24

, Penanganan osteoarthritis atau radang sendi tak melulu harus dengan obat yang diminum. Sebuah penelitian terbaru dari Boston, Amerika Serikat menemukan bahwa suntikan obat cair malah lebih ampuh untuk sembuhkan radang sendi terutama di area lutut.

dr Raveendhara R Bannuru, peneliti dari Tufts Medical Center di Boston, mengatakan bahwa suntikan hyaluronic dan steorid lebih ampuh daripada obat. Hal ini merupakan hasil dari penelitian yang dilakukannya selama tiga bulan belakangan.

Ia melakukan penelitian kepada 33.000 pasien radang sendi lutut dari seluruh Amerika Serikat. Seluruh partisipan dibagi menjadi 137 kelompok yang dipisah berdasarkan jenis pengobatannya.

Beberapa obat yang digunakan antara lain acetaminophen (Tylenol), diclofenac, ibuprofen, naproxen, celecoxib (Celebrex), suntikan cairan corticosteroid dan hyaluronic, dan pemberian placebo secara oral. Pasien dilihat kondisinya selama tiga bulan.

Kecuali Tylenol dan Celebrex, obat anti peradangan yang tidak mengandung steorid terbukti memberikan hasil yang lebih baik daripada placebo. Namun hasil tersebut tidak lebih baik daripada yang dirasakan pasien dengan suntikan.

Pasien yang disuntik merasa lebih baik daripada sebelumnya, meskipun pasien tersebut hanya disuntikkan placebo. dr Bannuru mengatakan bahwa meski hasil penelitiannya mengatakan demikian, setiap pasien harus berkonsultasi dengan dokter dahulu sebelum mengambil pengobatan.

"Tidak ada pengobatan yang benar-benar lebih baik daripada yang lain. Seluruh pengobatan mempunyai efek baik dan buruknya masing-masing. Pasien tetap harus berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan pengobatan," pungkasnya, duikutip dari jurnal Annals of Internal Medicine, Rabu (7/1/2015).


0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik