Entri Populer

penyakit paru

Written By iqbal_editing on Kamis, 21 Juli 2016 | 04.31

Kanker paru-paru
Penyakit paru-paru yang pertama adalah kanker paru-paru. Kanker paru-paru merupakan penyakit penyebab kematian terbesar jika dibandingkan dengan penyakit lainnya. Penyakit ini memiliki gejala seperti berat badan menurun, sakit pada dada, batuk, sesak napas serta mudah lelah. Untuk gejala umumnya dapat terlihat jika kanker sudah mulai menyebar dan membesar. Lantas apa penyebabnya? Penyebab dari kanker paru-paru adalah asap rokok. Tak hanya perokok aktif saja yang dapat terserang penyakit ini, perokok pasif bahkan memiliki persentase yang lebih besar terserang kanker paru-paru.

Pneumonia
Yang kedua adalah pneumonia. Pneumonia adalah salah satu jenis penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri, virus ataupun jamur. Pada umumnya penyakit ini disebabkan oleh bakteri Streptococus dan Mycoplasma pneumoniae yang menyebabkan infeksi jaringan paru atau parenkim. Sama halnya kanker paru-paru gejala yang sering timbul akibat penyakit ini adalah sesak napas, demam serta batuk berdahak.
Tuberkulosis (TBC)
Tuberkulosis atau TBC adalah penyakit paru-paru selanjutnya. Penyebab penyakit TBC adalah bakteri Mycobacteri tuberculosis, penyakit menular ini memiliki gejala yaitu batuk berdahak yang lebih dari 3 minggu dan juga sering kali disertai dengan darah. Penanganan dari penyakit ini adalah selalu memeriksakan diri ke dokter secara rutin jika Anda mengalami batuk. Hal ini dikarenakan sebagian orang menganggap bahwa batuk adalah penyakit yang sepele.
Emfisema
Berikutnya adalah emfisema. Hilangnya keelastisan alveolus menyebabkan penyakit yang satu ini. Alveolus merupakan gelembung-gelembung yang ada di dalam paru-paru. Penyebab utama dari penyakit ini adalah kekurangan enzim alfa-1 dan juga asap rokok. Oleh karena itu seseorang yang sudah didiagnosis dokter menderita penyakit ini sebaiknya selalu menghindari asap rokok untuk meringankan sesak napas yang ia derita.
Asma
Hampir setiap orang mengetahui bahwa asma merupakan salah satu jenis penyakit paru-paru. Gejala dari penyakit ini adalah sulit bernapas serta disertai suara mengi. Selain faktor keturunan ada beberapa faktor lain yang menyebabkan penyakit ini, seperti perubahan suhu, debu, ketegangan emosi dan juga gerakan badan yang berlebihan. Untuk menghindari penyakit ini, sebaiknya hindari hal-hal yang dapat menyebabkan penderita mengalami serangan asma.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik