Entri Populer

pemeriksaan diagnosis kanker otak

Written By iqbal_editing on Jumat, 12 Agustus 2016 | 17.13

1. Pemeriksaan di bagian fundus.
Fundus merupakan bagian di bawah kelopak mata. Penderita kanker otak akan Nampak adanya papilloma atau bintilan di bagian dalam mata. Bintilan tersebut terbentuk akibat meningkatnya tekanan intracranial.
2. Pemeriksaan X-ray di bagian kepala
Cara lainnya yang dapat mendeteksi adanya sel kanker otak adanlah dengan melakukan pemeriksaan sinar X-ray. Dengan sinar X-ray pula dapat mendeteksi apakah ada kerusakan pada tulang tengkorak, seperti pergeseseran tulang pineal atau perluasan permukaan sel tengkorak. Dengan bantuan sinar X-ray dapat mendeteksi posisi inti dari sel kanker ini. Namun hasil negative ketika sudah melakukan penyinaran X-ray bukan berarti sel kanker pasti tidak ada. Anda masih butuh pemeriksaan medis lebih lanjut.
3. Pemeriksaan EEG
Dengan bantuan alat pemeriksaan EEG (Electro Encephalo Graphy) untuk mendeteksi amplitude pada bagian sel kanker, dan frekuensinya. Pemeriksaan dilakukan pada bagian tengah otak, meningioma hingga bagian infratentorialnya.
4. Pemeriksaan CT Scan Otak
Pemeriksaan ini menggunakan sinar-X. Dengan pemeriksaan ini akan memberikan penampakan secara 3 dimensi pada otak. Pemeriksaan dengan CT Scan ini memiliki tingkat ketepatan hingga 90%. Banyak pakar yang menyarankan untuk melakukan metode penyinaran CT Scan ini untuk mendeteksi kanker otak.
5. Pemeriksaan MRI
Pemeriksaan ini bisa dilakukan untuk mengganti pemeriksaan CT Scan. Dengan pemeriksaan MRI dapat mendeteksi adanya sel kanker berikut titik lokasi di dalam otaknya. Bahkan ukurannya pun bisa di ketahui dengan jelas.
6. Pemeriksaan Biopsi
Metode ini dilakukan untuk mengambil sejumlah kecil jaringan dari tubuh penderita. Selanjutnya jaringan kecil tersebut akan di bawa pada pemeriksaan mikroskopik. Dengan melakukan pemeriksaan biopsy dimungkinkan akan di ketahui jenis, gradin sel, dan sub tipe dari kanker otak.
Setelah diagnosis kanker otak anda selesai dilakukan dan hasilnya telah keluar, makan setiap dokter atau rumah sakit akan menganjurkan melakukan tindakan pengobatan kanker otak dengan melakukan treatment dan pemeriksaan secara rutin

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik