Entri Populer

pengertian dan yang perlu dilakukan bedah janrung terbuka

Written By iqbal_editing on Kamis, 25 Agustus 2016 | 17.18

Bedah jantung terbuka adalah prosedur yang mengharuskan pembukaan rongga jantung. Prosedur yang melibatkan seluruh komponen jantung, mulai dari pembuluh nadi, katup hingga otot jantung dilakukan pada pasien penyakit jantung koroner akut. Prosedur ini disebut sebagai “bedah jantung konservatif” untuk membedakan dengan teknik baru, yang hanya memerlukan sayatan kecil sehingga jantung tidak benar-benar terekspos. Teknik baru ini dikembangkan untuk meminimalisir resiko yang mungkin terjadi karena menjalani bedah jantung terbuka.

Siapa yang Perlu Menjalani & Hasil yang Diharapkan

Bedah jantung terbuka dilakukan sebagai:
  • Pengobatan penyakit jantung koroner – Penyakit jantung koroner merupakan alasan utama untuk menjalani bedah jantung terbuka. Kondisi ini muncul ketika pembuluh darah di dalam jantung menjadi keras dan mengalami penyempitan akibat penumpukan plak pada dinding pembuluh darah. Munculnya plak disebabkan oleh makanan berlemak yang dikonsumsi pasien. Penyakit ini dapat menghambat aliran darah ke jantung dan meningkatkan risiko serangan jantung. Operasi yang dilakukan untuk mengobati penyakit jantung koroner disebut juga sebagai operasi bypass (CABG).
  • Perbaikan katup jantung – Katup-katup jantung kemungkinan mengalami kerusakan, tetapi hal ini dapat diatasi oleh teknik bedah tertentu.
  • Penggantian katup jantung – Jika katup-katup jantung tidak dapat diperbaiki, maka ia akan diganti. Hal ini dapat dilakukan dengan bedah jantung terbuka.
  • Pemasangan alat pacu jantung – Alat pacu jantung adalah alat untuk pengobatan aritmia atau kondisi yang memengaruhi irama elektrik pengatur detak jantung.
  • Transplantasi jantung – Mengganti jantung yang tidak dapat berfungsi normal dengan jantung donor yang sehat.
  • Bedah perbaikan cacat jantung bawaan – Prosedur yang dijalankan pada seseorang atau bayi yang lahir dengan penyakit jantung bawaan.
  • Bedah aorta jantung – Prosedur pembedahan kondisi pembengkakan aorta pada jantung.
Biasanya, bedah jantung terbuka merupakan alternatif terakhir yang dilakukan untuk mengobati penyakit jantung. Prosedur ini diharapkan dapat menjadi solusi dan memperpanjang kemungkinan hidup seseorang yang telah lama menderita penyakit jantung kronis. Karena prosedur ini termasuk operasi besar, pasien membutuhkan waktu cukup lama untuk benar-benar pulih. Kondisi pasien akan mulai menunjukkan perbaikan dalam 6 minggu setelah prosedur. Sementara, hasil yang diharapkan akan terasa setelah 6 bulan.
Sayangnya, prosedur ini tidak menutup kemungkinan kembalinya penyakit. Contohnya, jika bedah jantung terbuka mampu mengatasi penyumbatan arteri koroner, maka pembuluh nadi tetap mempunyai kesempatan untuk kembali tersumbat. Untuk menghindari hal ini, pasien diminta untuk menjaga pola makan dan memperbaiki gaya hidup.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik