Entri Populer

hal-hal yang terjadi operasi katarak

Written By iqbal_editing on Selasa, 09 Agustus 2016 | 00.58

prosedur operasi
Sebelum dokter memutuskan akan melakukan operasi katarak dengan teknik apa atau menanam lensa jenis apa, biasanya dokter akan melakukan tes yang menggunakan gelombang suara ultrasonik atau painless ultrasound test. Anda juga akan dianjurkan untuk menggunakan tetes mata sesuai resep dokter selama 1-2 hari sebelum operasi. Anda tidak boleh menggunakan obat-obatan apa pun, serta tidak boleh makan dan minum selama 12 jam sebelum menjalani operasi.'
teknik operasi
  • Phacoemulsifikasi, yaitu operasi dengan sayatan yang lebih kecil di dekat kornea. Selanjutnya, dimasukkan alat kecil dan dengan menggunakan getaran ultrasonik, lensa yang keruh akan dihancurkan. Lensa yang hancur kemudian disedot keluar dengan alat yang sama. Teknik ini merupakan yang paling umum dilakukan.
  • Operasi katarak dengan sayatan minimal (Microincision Cataract Surgery) merupakan teknik operasi untuk katarak yang berukuran kurang dari 1.8 m.
  • Operasi katarak ekstrakapsuler, yaitu operasi dengan sayatan yang cukup lebar pada mata, sehingga dapat mengambil lensa yang keruh secara utuh. Teknik ini diperuntukkan bagi mereka yang kataraknya sudah menutupi sebagian besar lensa mata. Setelah operasi, tenaga medis akan menyuntikkan obat di sekitar mata.
  • Operasi katarak intrakapsuler merupakan teknik yang jarang dilakukan. Teknik ini ditujukan bagi mereka yang mengalami trauma signifikan. Dibutuhkan sayatan yang lebih besar dibandingkan dua teknik sebelumnya karena perlu mengangkat lensa sekaligus kapsul sekitarnya secara bersamaanSetelah lensa yang keruh disingkirkan, dokter akan menggantinya dengan lensa buatan intra okular. Terdapat beberapa jenis lensa intra okular seperti berikut.
  • Lensa torik, berguna untuk memperbaiki rabun jauh maupun astigmatisme atau silinder.
  • Lensa monofokal dapat fokus hanya pada satu jarak, yaitu untuk mata rabun jauh.
  • Lensa multifokal dapat fokus pada berbagai jarak, mulai dari jarak dekat, menengah, dan jauh.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik