Entri Populer

batu ginjal

Written By iqbal_editing on Kamis, 01 September 2016 | 02.24

Bagaimana batu ginjal-saluran kemih terbentuk:
Terbentuk nya batu di saluran kemih akibat keadaan lewat jenuh dari mineral dan zat tertentu dalam urine yg membentuk inti dan cetakan batu. Mineral tsb seperti kalsium oksalat, kalsium posfat, magnesium amoinium sulfat dan banyak lainnya.
Di dalam ginjal dan saluran kemih sendiri juga terdapat zat-zat penghambat terbentuk batu saluran kemih seperti ; sitrat, osteopontin, dan glukoprotein ginjal ; nefrocalcin, tam-horsfall semuanya berperan sebagai penghalang untuk terbentuk nya batu.

Jumlah kasus batu ginjal dan saluran kemih ?
Kasus batu ginjal dan saluran kemih banyak terdapat di daerah panas terutama Asia tenggara. Di USA sendiri prevalensi batu ginjal dan saluran kemih 10-15%
Di Indonesia jumlahnya jauh lebih banyak.
Apa efek batu terhadap ginjal ?
Efek yang ditimbulkan mulanya berupa nyeri pinggang dari ringan sampai berat, urine berdarah atau keruh, dan nyeri saat berkemih. Keberadaan batu kemudian menimbulkan infeksi dan sumbatan aliran urine. Keadaan ini dalam jangka waktu tertentu akan merusak dan menurunkan fungsi ginjal yang membahayakan fungsi tubuh secara keseluruhan.
Apa gejala dan tanda klinis batu ginjal dan saluran kemih :Beberapa hal akan ditanyakan dokter tentang perjalanan penyakit (nyeri), kebiasaan minum, riwayat konsumsi obat seperti: vitC, vit D, kalsium, dan riwayat diet. Nyeri pinggang, nyeri saat berkemih, urine keruh atau berdarah. Nyeri bervariasi ringan sampai berat (kolik berat) dan kadang penjalaran nyeri tersebut sampai kelipat paha, testis atau ujung penis. Nyeri ketok pada punggung, bahkan ginjal dapat teraba pada sumbatan urine yang hebat. Batu di saluran kemih bagian bawah akan mengganggu proses berkemih.
Pemeriksaan penunjang yang dilakukan ?
Analisis urine dan kadar ureum-kreatinin darah merupakan pemeriksaan rutin. Pemeriksaan laboratorim tambahan seperti: asam urat, elektrolit dan mineral dengan sediaan dari urine dan darah.
Pilihan lain seperti CT urologi juga sering dilakukan.
Apa pilihan Terapi untuk kasus batu?
Umumnya batu ginjal dan saluran kemih dgn ukuran kecil (<5 mm) dapat keluar spontan bahkan tanpa nyeri, hanya dilakukan tindakan konservatif banyak minum dengan produksi urine 2 liter per 24 jam. Batu ginjal-saluran kemih yang memerlukan prosedur invasif adalah batu dgn ukuran cukup besar yang sudah menimbulkan infeksi dan sumbatan urine yang mengancam kerusakan ginjal. Prosedur tersebut dapat berupa; ESWL (extra corporal shock wave litotripsy) berupa kelombang kejut yang di fokuskan pada batu.
Endoskopi urologi (mekanik atau laser) atau laparoskopi atau operasi terbuka dapat jadi pilihan tergantung syarat dan indikasi yang tergantung ukuran, posisi, jumlah batu serta efek batu terhadap ginjal.

Hal penting yg mencegah terbentuk batu atau terulangnya kasus batu sal kemih:
Pola diet dan minum :banyak minum dgn urine rata2 2 lt/hari. Diet rendah garam. Penurunan berat badan, obesitas akan meningkatkan batu asam urat. Dalam hal memerlukan kalsium dianjurkan jenis kalsium citrate. Jangan mengkonsumsi vit C dosis tinggi yang melebihi 2 gram sehari

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik