Entri Populer

ESWL

Written By iqbal_editing on Kamis, 01 September 2016 | 02.26

ESWL Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy adalah salah satu prosedur medis yang digunakan untuk mengobati batu ginjal. Selain itu ESWL juga dapat digunakan untuk mengobati batu di organ lain, seperti kandung empedu atau hati.

Batu ginjal merupakan massa keras seperti batu yang terbentuk dari endapan mineral padat yang terjadi di ginjal. Biasanya batu berukuran kecil masih bisa dilakukan terapi dengan cara penberian jenis obat tertentu sehingga bisa dikeluarkan dari tubuh secara alami saat buang air kecil. Tetapi pada batu ginjal yang berukuran lebih besar tidak dapat dikeluarkan melalui urin sehingga bisa menyebabkan kerusakan ginjal. baca lebih lanjut tentang gejala, penyebab dan faktor resiko penyakit batu ginjal.
ESWL, Gelombang kejut yang menghancurkan batu ginjal
Ketika batu ginjal mulai menyebabkan masalah serius seperti timbulnya gejala rasa nyeri yang parah, atau adanya pendarahan dalam urine, maka metode pengobatan lebih lanjut harus segera dilakukan untuk mencegah terjadinya gagal ginjal kronik.


Metode Pengobatan ESWL

ESWL menggunakan gelombang ultrasonik shock wave atau gelombang suara untuk memecahkan batu ginjal. Gelombang suara ini juga disebut gelombang kejut tinggi energi. Yang dihasilkan dari Luar tubuh dengan menggunakan mesin khusus.
ESWL diperkenalkan pada awal 1980-an. Sampai sekarang ini terapi dengan menggunakan gelombang kejut menjadi metode pengobatan pilihan bagi sebagian besar penderita batu ginjal. ESWL merupakan prosedur noninvasif, karena tidak memerlukan pembedahan atau operasi. Selain itu kelebihan Pengobatan dengan ESWL umumnya lebih aman dan lebih mudah proses pemulihan dari prosedur operasi pembedahan.

Setelah metode pengobatan ESWL dilakukan maka pecahan-pecahan batu yang telah dihancurkan tersebut biasanya akan keluar dari ginjal melalui ureter kemudian ke kandung kemih dan keluar saat buang air kecil. Waktu yang dibutuhkan untuk menangani penderita batu ginjal melalui metode ESWL ini pun relatif lebih singkat. Hanya memakan waktu sekitar 45 menit atau satu jam.

Persiapan Awal untuk ESWL

Pada tahap persiapan sebelum Terapi ESWL dilakukan Sangat penting untuk memberitahu dokter Anda tentang apa saja obat, suplemen, atau herbal yang anda konsumsi. Karena jenis-jenis obat seperti aspirin, ibuprofen, atau pengencer darah seperti warfarin dapat mengganggu kemampuan pembekuan darah. 
Mungkin anda akan diminta untuk berhenti mengkonsumsi obat selain pada obat-obatan yang diresepkan oleh dokter yang menangani prosesur terapi gelombang kejut tersebut. Anda mungkin akan disarankan untuk tidak minum atau makan apa-apa selama setidaknya enam jam sebelum Prosedur pengobatan ESWL dimulai.

Anastesi

Pada saat ESWL dilakukan Biasanya, pasien akan diberikan anestesi umum. Sebenarnya pasien biasanya tidak mengalami rasa sakit. Bahkan Kadang-kadang pasien akan diizinkan untuk tetap terjaga selama prosedur dan bahkan mungkin diizinkan untuk mengikuti perkembangan prosedur pada ultrasound atau X-ray Monitor. ESWL bisa saja dilakukan pada pasien rawat jalan dasar. Ini berarti Anda akan melaporkan ke rumah sakit atau klinik pada hari prosedur ESWL dilakukan, dan
mungkin bisa meninggalkan Rumah sakit dihari yang sama.

Proses pelaksanaan terapi ESWL

Setelah tiba waktunya Anda akan diberikan obat untuk anastesi, dan akan diberikan antibiotik untuk mencegah infeksi. Pasien akan diberikan pakaian rumah sakit dan diminta untuk berbaring di meja operasi/tindakan di atas bantal berisi air selama prosedur ESWL selesai dilakukan. Setelah itu, pasien akan ditempatkan diruang pemulihan selama dua jam di untuk dilakukan observasi sebelum diizinkan pulang, tetapi beberapa pasien harus dirawat di rumah sakit selama satu atau dua hari bila ada masalah kesehatan lain.

Setelah anda pulang kerumah sebaiknya perbanyak istirahat selama beberapa hari Setelah terapi dilakukan. perbanyaklah mengkonsumsi air putih selama beberapa minggu agar membantu ginjal dan memudahkan pengeluaran pecahan-pecahan batu ginjal tetsebut.

Kemampuan gelombang kejut menghancurkan batu ginjal.

Kemampuan dan tingkat keefesiensi metode pengobatan Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy dipengaruhi oleh ukuran dan proporsi zat penbentuk batu ginjal tersebut. ESWL terbukti bisa menghancurkan batu ginjal pada sebagian besar pasien secara tuntas. Tetapi pada sebagian pasien lainnya masih membutukan  perawatan medis lebih lanjutan.

Resiko metode pengobatan Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy

1. Ada beberapa pasien yang mengikuti Eswl dan mengalami pendarahan internal. Sehingga di butuhkan transfusi darah.

2. Adanya rasa nyeri.

3. Beresiko terjadinya infeksi saluran kemih.

4. Beresiko terjadinya kerusakan ginjal.

5. Pecahan batu kemungkinan bisa menghalangi proses aliran urin keluar dari ginjal.

6. Komplikasi sekunder yang mungkin saja terjadi yang mencakup Tekanan darah tinggi atau gagal ginjal. Itulah beberapa resiko yang mungkin terjadi akibat metode pengobatan ESWL

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik