Entri Populer

GEJALA KANKER TENGGOROKAN

Written By iqbal_editing on Selasa, 27 September 2016 | 18.26

Gejala kanker tenggorokan sangat perlu diwaspadai oleh semua orang, karena pada dasarnya penyakit tidak akan memilih kepada siapa dia akan hinggap. Akan tetapi, penyakit kanker tenggorokkan ini pada umumnya biasa menghinggapi merea yang punya kebiasaan merokok, minumalkohol dan juga bagi mereka yang bekerja di SPBU akibat terlalu sering menghirup berbagai jenis BBM, mulai dari premium, solar atau pertamax. Di Indonesia sendiri penyakit ini tidak jarang terjadi, bahkan Anda juga harus lebih waspada karena di Asia sendiri kanker ini tercatat pernah diderita oleh anak usia 12 tahun. So, sebelumnya kita bahas dulu apa itu kanker tenggorokan. Secara medis penyakit kanker yang terjadi pada tenggorokan ini adalah sejenis tumor ganas yang tumbuh dan berkembang di area tenggorokan, kotak suara atau laring dan tonsil. Maka dari itu, penyakit ini akan sangat berbahaya jika tak kunjung diobati sejak dini. Maka dari itu, mari kita ketahui apa saja gejala awalnya.

Apa Saja Gejala-Gejala Kanker Tenggorokan?

Pada dasarnya mungkin gejala yang dirasakan pada kanker tenggorokan ini sedikit mirip dengan gejala radang tenggorokan, pasalnya kedua penyakit ini terjadi pada bagian yang sama. Akan tetapi radang tenggorokan masih dikategorikan sebagai penyakit ringan dan lebih mudah sembuh. Akan tetapi jika yang terjadi adalah kanker tenggorokan, maka Anda harus lebih waspada dan segera mengobatinya sebelum kanker tersebut menjadi tambah parah. Kebanyan masyarakat awam masih sangat belum mengerti akan bahaya kanker tenggorokan dan berbagai macam gejala yang dirasakannya, apalagi gejala yang biasanya terjadi masih tergolong samar dan biasanya dianggap sebagai gejala yang tidak serius. Maka dari itu, supaya Anda lebih waspada akan bahaya penyakit ini, kami akan bagikan informasi mengenai gejala kanker tenggorokan yang biasanya terjadi.
  1. Sulit Menelan
Pertanda kanker tenggorokan yang mungkin sering dirasakan adalah sulit menelan makanan dan minuman. Gejala ini mungkin memang mirip dengan penyakit radang tenggorokan atau amandel bengkak yang biasanya diseabkan oleh hal-hal yang sepele, seperti terlalu banyak makan gorengan, terlalu banyak minum dingin, terinfeksi kuman atau virus, dan sebagainya. Akan tetapi saat mengalami gejala tersebut, lebih baik Anda pastikan dan periksakan ke dokter. Bisa saja pertanda tersebut adalah kanker yang sudah tumbuh menjadi tumor di tenggorokan Anda. Hal ini tentu saja bisa menghambat makanan masuk ke dalam kerongkongan dan meyulitkan Anda saat menelan makanan dan minuman.
  1. Permukaan Laring Terasa Kasar
Gejala kanker tenggorokan yang kedua adalah bagian permukaan laring yang terasa lebih kasar dari biasanya. Jika Anda merasakan ada sesuatu yang mengganjal berupa permukaan tenggorokan yang kasar, lebih baik segera periksakan ke dokter dan pastikan tidak ada hal yang serius sedang Anda alami. Pasalnya perasaan hal seperti itu biasanya akan sangat mengganggu dan membuat Anda merasa tidak nyaman. Dan jika ternyata Anda merasakan gejala tersebut secara terus menerus, itu bisa menjadi satu pertanda sel kanker mulai tumbuh di tenggorokan Anda.
  1. Suara Berubah
Jika perubahan suara ini terjadi pada anak kecil yang sedang mulai tumbuh menjadi dewasa, mungkin hal tersebut boleh dianggap sebagai hal yang sangat wajar. Tetapi jika setelah dewasa tiba-tiba Anda mengalami perubahan suara, Anda harus mewaspadai hal tersebut dan memeriksakannya ke dokter. Jika memang itu adalah gejala atau pertanda penyakit kecil, beruntunglah Anda. Tetapi salah satu gejala kanker tenggorokan adalah perubahan suara, yang disebabkan oleh kanker yang tumbuh di sekitar pita suara
  1. Batuk yang Tak Kunjung Sembuh
Pertanda penyakit kanker tenggorokan ini memang sulit ditebak. Bahkan bagi yang kurang waspada, biasanya mereka hanya menganggap gejala kanker tenggorokan hanya gejala biasa yang mungkin juga dirasakan orang lain. Salah satunya adalah gejala batuk. Selama ini Anda mungkin mengira bahwa batuk hanyalah pertanda dari sakit ringan yang mudah disembuhkan. Akan tetapi jika ternyata Anda mengalami batuk yang tak kunjung sembuh dan secara terus menerus, Anda harus mewaspadai gejala tersebut dan segera periksakan ke dokter. Batuk secara terus menerus ini juga bisa membuat suara Anda semakin serak.
  1. Bunyi Napas yang Berbeda
Secara umum, saat orang bernapas tentunya tidak akan terlalu terdengar suaranya. Kecuali kalau memang orang tersebut menarik dan menghembuskan napas secara keras. Nah, ketika Anda mungkin sedang bernapas seperti biasanya kemudian muncul bunyi yang tidak biasa saat Anda bernapas. Bunyi napas yang melengking ini adalah salah satu gejala kanker tenggorokan yang harus Anda waspadai.
Selain lima gejala utama yang paling sering dialami oleh para penderita kanker tenggorokan di stadium-stadium awal, gejala lainya adalah Anda bisa merasakan sakit pada bagian telinga. Berat badan pun biasanya akan turun secara drastis serta munculnya benjolan di area sekitar leher. So, jika Anda menemukan beberapa gejala tersebut, mungkin itu bukan gejala radang tenggorokan melainkan kanker tenggorokan. Waspadalah dan segera periksakan ke dokter.


0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik