Entri Populer

pemeriksaan lanjutan meningitis

Written By iqbal_editing on Jumat, 30 September 2016 | 09.06

Pemeriksaan (2)
1.      Pemeriksaan cairan otak
Pemeriksaan cairan otak amat penting untuk diagnosis radang otak, radang medulla spinalis dan radang selaput otak, baik yang disebabkan oleh infeksi maupun bukan infeksi. Pungsi lumbal harus dilakukan pada tiap penderita dengan keluhan dan tanda-tanda rangsangan selaput otak. Pada penderita dengan panas yang tidak diketahui sebabnya perlu pula dipertimbangkan pungsi lumbal.
Cairan Otak Pada Meningitis Purulenta
a.       Tekanan
Tekanan cairan otak meningkat di atas 180 mm H2O
b.      Warna
Cairan otak berwarna mulai dari keruh sampai purulenta bergantung pada jumlah selnya.
c.       Sel
Jumlah leukosit meningkat, biasanya berjumlah 200-10.000 dan 95% terdiri dari sel PMN setelah pengobatan dengan antibioka perbandingan jumlah sel MN (mononuclear) terhadap sel PMN meningkat.
d.      Protein
Kadar protein meningkat, biasanya di atas 75 mg/ 100 ml.
e.       Klorida
Kadar klorida menurun kurang dari 700 mg/ 100ml.
f.       Gula
Kadar gula menurun, biasanya kurang dari 40 mg% atau kurang dari 40% kadar gula darah yang diambil pada saat yang bersamaan.
2.      Pemulasan gram dan biakan cairan otak
Pemulasan gram dan biakan merupakan cara yang praktis dan teliti untuk menemukan bakteri penyebab meningitis secara cepat.
3.      Pemeriksaan darah tepi
Biasanya terdapat kenaikan jumlah leukosit dan pada hitung jenis terdapat pergesaran ke kiri.
4.      Pemeriksaan radiologi
Pada foto toraks mungkin dijumpai sumber infeksi misalnya radang paru atau abses paru. Sutura yang melebar pada anak mencurigakan akan adanya efusi subdural atau abses otak.
Sken tomografik pada meningitis mungkin akan menunjukkan adanya sembab otak dan hidrosefalus. Sken tomografik ini akan berguna untuk mengetahui adanya komplikasi seperti abses otak atau efusi subdural.
Gambar 1. Meningitis bakteri akut(6)
5.      Pemeriksaan EEG
Pemeriksaan dengan elektroensefalografi akan menunjukkan perlambatan yang menyeluruh di kedua hemisfer dan derajatnya sebanding dengan beratnya radang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik