Entri Populer

PENGOBATAN KANKER TENGGOROKAN

Written By iqbal_editing on Selasa, 27 September 2016 | 18.29


Cara Mengobati Kanker Tenggorokan secara Medis

Pengobatan setiap individu pasien tidaklah sama karena dokter mempertimbangkan kondisi kesehatan serta umur pasien, juga akan stadium kanker serta lokasi tempat kanker itu tumbuh. Pengobatan dan pendeteksian perlu dilakukan secara dini supaya kanker tidak terlanjur menyebar dan penanganan pun menjadi lebih sulit. Berikut di bawah ini adalah sejumlah langkah pengobatan medis yang bisa diambil oleh para pasien dengan penyakit kanker tenggorokan.
  1. Radioterapi
Khusus untuk langkah pengobatan ini terbilang efektif untuk mengatasi kanker yang masih pada tahap stadium awal, sementara untuk yang sudah menderita kanker stadium lanjut, langkah pengobatan ini hanya akan dilaksanakan untuk membuat gejala yang pasien alami berkurang.
  1. Radioterapi dan Kemoterapi Kanker
Keduanya dapat dikombinasikan dan memang hasilnya lebih baik karena sensitivitas yang ada pada sel kanker terhadap proses radioterapi dapat ditingkatkan dengan sejumlah jenis obat kemoterapi. Hanya saja, pasien harus lebih waspada terhadap berbagai efek sampingnya, seperti sariawan, pengurangan nafsu makan, serta rasa mual dan muntah diikuti dengan tubuh yang cepat lelah.

  1. Operasi
Langkah operasi pun menjadi salah satu pilihan untuk kanker tenggorokan dan pada metode ini, dokterlah yang akan menentukan prosedur atau opsi jenis operasi mana yang pasien paling butuhkan didasarkan pada tingkat keparahan serta lokasi akan pertumbuhan kanker. Jenis-jenis dari metode operasi tersebut antara lain adalah:
  • Operasi melalui endoskopi. Metode ini akan dokter anjurkan untuk para pasien dengan penyakit kanker tenggorokan yang masih pada stadium awal.
  • Laringektomi. Pada metode ini, prosedur yang akan dilakukan dokter adalah mengangkat semua atau sebagian saja dari kotak suara yang sudah terserang sel kanker. Dokter melakukan operasi ini agar tumor yang ukurannya kecil dapat ditangani.
  • Faringektomi. Proses operasi ini juga adalah pengangkatan tenggorokan, entah itu sebagian atau seluruh bagiannya karena sel kanker sudah menyebar.
  • Pengangkatan noda limfa. Prosedur satu ini akan dokter lakukan jika bagian noda limfa leher sudah terkena kanker. Penyebaran kanker yang telah semakin meluas dan merajalela akan diatasi dengan operasi ini. Dokter juga akan menggunakan prosedur ini supaya tingkat penyebaran sel kanker, terutama yang ada di bagian noda limfa bisa diperiksa secara seksama.

  1. Obat Terapi Biologis
Pilihan pengobatan lainnya adalah obat terapi biologis ini di mana dokter akan memberikan jenis yang paling umum, yakni cetuximab. Pada prosedur pengobatan ini, kelemahan sel kanker akan diincar oleh kandungan yang ada pada obat terapi. Dengan demikian, pertumbuhan sel kanker akan dihambat sekalinya kelemahan sudah didapat. Pasien boleh mencoba memperoleh penanganan seperti ini, khususnya bagi yang stadiumnya masih awal.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik