Entri Populer

penyakit oklusi Aortoiliac

Written By iqbal_editing on Selasa, 13 September 2016 | 07.14

penyakit oklusi Aortoiliac adalah penyumbatan aorta, pembuluh darah utama di tubuh Anda, atau arteri iliac. Arteri iliaka adalah cabang yang aorta Anda terbagi menjadi sekitar tingkat pusar untuk memberikan darah ke kaki Anda dan organ dalam panggul Anda. penyumbatan ini biasanya disebabkan oleh penumpukan plak dalam dinding pembuluh darah Anda.
Aorta dan arteri iliaka adalah pembuluh darah yang paling umum kedua yang terkena penyakit arteri perifer (PAD) setelah pembuluh darah di paha. PAD terjadi pada 12-20% dari orang yang berusia di atas 65.
mungkin tidak ada
Anda mungkin memiliki gejala yang bervariasi atau tidak ada gejala sama sekali dan masih memiliki penyakit oklusi aortoiliac.
KELELAHAN, nyeri atau kejang SAAT BERJALAN
Ketika merasa di bokong, paha atau betis, gejala-gejala ini mungkin sinyal ringan sampai sedang penyakit oklusi aortoiliac. Sebagai penyakit berlangsung, gejala-gejala ini dapat terjadi setelah berjalan jarak yang sangat pendek.
DISFUNGSI EREKSI
Pria mungkin mengalami disfungsi ereksi.
NYERI PADA REST, LEG DAN KAKI MASALAH
Dalam kasus yang parah, Anda mungkin merasa sakit di kaki Anda atau kaki saat istirahat, dingin dan mati rasa di kaki Anda, luka atau luka pada kaki Anda dan kaki, dan bahkan gangren atau kematian jaringan di kaki Anda.
Penyebab
  • Penyebab paling umum dari penyakit aortoiliac adalah aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah). Pengerasan arteri dapat disebabkan oleh merokok, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, predisposisi genetik atau obesitas.
  • kondisi peradangan seperti arteritis Takayasu dapat menyebabkan peradangan pada arteri menyebabkan penyumbatan arteri.
  • Radiasi ke panggul dapat menyebabkan peradangan yang progresif di dinding arteri yang mengarah ke penyumbatan arteri.
Diagnosa
Lihat seorang ahli bedah vaskular
Anda akan diminta pertanyaan tentang gejala dan riwayat medis, termasuk pertanyaan tentang anggota keluarga. Ahli bedah vaskular juga akan melakukan pemeriksaan fisik.
Tes mungkin disarankan
  • Awalnya sebuah tes Indeks ankle-brachial dan USG dupleks mungkin disarankan.
  • Jika pengujian lebih lanjut diperlukan suatu CT angiogram , MR angiogram , atau angiogram kateter diarahkan pilihan. Studi ini menggunakan berbagai jenis pewarna untuk membantu mengidentifikasi di mana penyumbatan di arteri terletak untuk merencanakan perawatan lebih lanjut. Dengan CT angiogram dan MR angiogram, pewarna disampaikan melalui IV. Dengan angiogram kateter-diarahkan, dye disuntikkan melalui tabung tipis (kateter) dimasukkan ke dalam arteri.
perawatan
penyakit oklusi Aortoiliac dapat dikelola oleh:
  • modifikasi faktor risiko, seperti berhenti merokok, mengontrol kolesterol atau tekanan darah tinggi, mengelola diabetes dan olahraga teratur.
  • Obat dapat diresepkan, seperti aspirin atau obat lain untuk mencegah trombosit dari pembekuan dalam darah. Sebuah obat statin dapat membantu mengontrol kolesterol dan juga membantu mencegah perkembangan plak.
Jika perawatan lebih lanjut diperlukan, prosedur invasif minimal atau operasi bypass dapat dipertimbangkan.
  • yang paling umum pengobatan minimal invasif adalah penempatan stent di aorta atau arteri iliac. Prosedur ini biasanya dilakukan pada saat yang sama sebagai tes angiogram kateter diarahkan. stent adalah perangkat kecil yang compacts plak di dinding arteri untuk membuat jalur yang lebih luas untuk aliran darah ke bagian bawah tubuh Anda. Angioplasti, di mana perangkat balon tiup dimasukkan melalui kateter untuk lebih membantu dalam membuka arteri, dapat ditambahkan ke pengobatan.
  • Sebuah operasi bypass adalah penciptaan jalan memutar di sekitar penyumbatan. jalan memutar dapat mulai di aorta (dekat jantung Anda) dan mungkin berakhir baik di arteri iliac di panggul Anda, atau di arteri di pangkal paha. Sebuah memotong dapat dilakukan baik pada satu atau kedua belah pihak pada saat yang sama. Untuk penyakit yang berat yang meliputi aorta dan kedua arteri iliaka, bypass biasanya berjalan dari aorta ke arteri pangkal paha, biasanya menggunakan graft buatan. Jika tidak ada arteri cocok berasal bypass di aorta, atau jika Anda tidak cukup sehat untuk menjalani prosedur berbasis aorta, bypass umumnya dimulai pada arteri aksilaris bawah tulang selangka dan berakhir di satu atau kedua kaki.
Tetap sehat
  • Cara terbaik untuk mencegah perkembangan penyakit oklusi aortoiliac adalah untuk tidak merokok, dan mengelola kolesterol, tekanan darah dan diabetes.
  • Jika Anda merokok, mintalah dokter bedah vaskular Anda untuk membantu Anda menemukan program berhenti merokok yang akan bekerja untuk Anda.
  • Dapatkan olahraga secara teratur.
  • Makan sehat, diet seimbang yang rendah lemak dan kolesterol.
 

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik