Entri Populer

OCT

Written By iqbal_editing on Rabu, 12 Oktober 2016 | 07.22

Optical coherence tomography (OCT) adalah teknik pencitraan diagnostik medis yang memanfaatkan fotonik (photonics) dan serat optik untuk mendapatkan gambar dan karakterisasi jaringan mata. Pada tomografibaru ini, saraf optik dan struktur retinadigambarkan pada tingkat resolusi yang sangat tinggi. Lapisan anatomiretina dapat dibedakan dan ketebalan retina dapat diukur.
OCT merupakan alat diagnostik modern dengan teknik pencahayaan menggunakan resolusi tinggi untuk menvisualisasikan perubahan yang terjadi akibat suatu penyakit pada retina mata. Alat ini tidak kontak langsung dengan bola mata sehingga dapat mengurangi efek samping yang merugikan mata.
Manfaat penggunaan alat OCT dalam bidang kesehatan tentunya sebagai penunjang atau penegak diagnosa. Namun, dokter tidak dapat menegakkan diagnosa kepada pasien dengan penyakit mata hanya dengan menggunakan pemeriksaan penunjang OCT ini, dalam arti OCT ini tidak dapat berdiri sendiri dalam mempelajari pasien dengan penyakit mata

Digunakan dalam pemeriksaan oftalmologi
Dalam kasus diabetes retinopati, alat ini digunakan sebagai modalitas pencitraan optik berdasarkan gangguan, dan analog dengan USG. Hal ini menghasilkan gambar penampang retina (B-scan) yang dapat digunakan untuk mengukur ketebalan retina dan untuk menyelesaikan lapisan utama, memungkinkan pengamatan pada kebocoran, pembengkakan
Manfaat OCT juga dalam mendeteksi membran epiretina, traksi vitreomakular, hialoid posterior dan detachment foveola
Keunggulan
Keunggulan spesifik OCT dibandingkan dengan teknik optik alternative adalah :
1. Resolusi kedalaman independen dari aperture sampel balok .
2. Gerbang koherensi secara substansial dapat meningkatkan kedalaman probing dalam media penghambur .

Keuntungan dari OCT dibandingkan dengan modalitas pencitraan non- optiknya yaitu:
1. kedalaman tinggi dan resolusi transversal,
2. kontak-bebas dan operasi non – invasif
3. Fungsi kontras gambar dependen. Teknik kontras terkait didasarkan pada pergeseran frekuensi Doppler, polarisasi dan tergantung panjang gelombang – hamburan balik.
Kerugian
Kerugian utama dari OCT dibandingkan dengan modalitas pencitraan alternatif dalam pengobatan adalah keterbatasan kedalaman penetrasi di media hamburan.

Prinsip Kerja
Dimulaidengan adanya alat koheren rendah yang berasal dari dioda superluminan (SLD) yang digabungkan dengan interferometer fiber, yang kemudian dipisahkan oleh serabut splitter pada suatu coupler menjadi ke jalur acuan (reference) dan sampel (measurement). Sinar dikombinasikan dalam coupler dengan menggunakan cahaya pantulan (backscattered) dari mata penderita. Kemudian kembali melalui retina dan mencapai detektor. Sinar yang terkirim ke reference arm (mirror) akan dipancarkan sejajar oleh lensa pada keluaran reference arm.
Setelah itu direfleksikan dari cermin dan ditangkap kembali oleh lensa dengan dikombinasikan dengan sinar sample arm. Sinyal yang terbentuk diamati jika panjang lintasan optik sesuai dengan panjang koheren dari sumber cahaya foto dioda yang kemudian diproses. Dari proses tersebut didapatkan diagram sistematik dari sistem OCT interferometer fiber optics.
Operasional
  • Disaat melakukan pemeriksaan pasien dengan menggunakan OCT sebaiknyapasien dan keluarga diberi penjelasan tentang prosedur yang akan dilakukan.
  • Selama prosedur berlangsung pasien harus diam absolut selama 10-15 menit.
  • Pengambilan gambar dilakukan dari dagu meempel pada OCT dan mata tidak berkedip beeberapa detik
  • Selama prosedur berlangsung perawat harus menemani pasien.
  • Sesudahpengambilangambarpasiendirapikan

Hal-hal yang harus diperhatikan
Hal- hal yang harus diperhatikan saat menggunakan alat-alat berbasis OCT pada pemeriksaan penunjang medis meliputi: keamanan bagi lingkungan klinik, pemajanan elektromagnetik terhadapa alat yang lain harus diperhatikan, kualitas daya listik harus diperhatikan, dan radiasi laser harus tetap dijaga pada level yang aman
Peran Perawat
ÒCare Giver
ÒClient Advocate
ÒEducator
ÒCollabolator
ÒCounselor
ÒCoordinator
ÒChange Agent
ÒConsultant

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik